7 Manfaat Si Putih “Jamur Tiram”

12
7 Manfaat Si Putih “Jamur Tiram” | Suaramuslim.net

Suaramuslim.net – Saat bicara tentang jamur, mayoritas orang mungkin akan berpikir bahwa jamur itu beracun dan butuh perlakuan khusus jika hendak dimasak agar aman dari racun. Padahal, tidak semua jamur itu beracun. Salah satunya jamur tiram. Selama ini banyak orang mengenal jamur tiram hanya sebagai makanan pelengkap atau jajanan ringan.

Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) adalah jamur pangan dari kelompok Basidiomycota dan termasuk kelas Homobasidiomycetes dengan ciri-ciri umum tubuh buah berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung. Jamur tiram masih satu kerabat dengan Pleurotus eryngii dan sering dikenal dengan sebutan King Oyster Mushroom.

-Advertisement-

Jamur tiram merupakan salah satu jenis jamur yang banyak dijual di pasaran. Jamur ini mengandung banyak zat yang penting bagi tubuh. Jamur ini baik dikonsumsi karena bebas lemak, rendah kalori, dan bebas kolesterol. Mengonsumsi jamur tiram baik untuk kesehatan, tentunya bagi Anda yang tidak memiliki pantangan, larangan atau bahkan alergi.

Kandungan Jamur Tiram

Berdasarkan penelitian Sunan Pongsamart, biochemistry, Faculty of Pharmaceutical Universitas Chulalongkorn, Thailand,  jamur tiram mengandung protein, air, kalori, karbohidrat, dan sisanya berupa serat zat besi, kalsium, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. Dan beberapa garam mineral dari unsur-unsur Ca, P, Fe, Na dan K. Kandungan serat jamur mulai 7,4% sampai 27,6% sangat baik bagi pencernaan. 

Nilai Gizi

Kandungan gizi jamur tiram menurut Direktorat Jenderal Hortikultura Departemen Pertanian. Protein rata-rata 3.5 – 4 % dari berat basah. Berarti dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan asparagus dan kubis. Jika dihitung berat kering, kandungan proteinnya 10,5 – 30,4%. Sedangkan beras hanya 7.3%, gandum 13.2%, kedelai 39.1%, dan susu sapi 25.2%. Jamur tiram juga mengandung 9 macam asam amino lengkap, termasuk asam amino esensial yang dibutuhkan manusia yaitu lisin, metionin, triptofan, threonin, valin, leusn, isoleusin, histidin, dan fenilalanin.

Baca Juga :  Makan Terlalu Cepat Berpotensi Tingkatkan Penyakit Berbahaya

Kandungan Gizi Jamur Tiram Segar Per 100 Gram

Kandungan

Dalam Gram

Protein

Serat

Lemak

Abu

Karbohidrat

Kalori

Kalsium

Zat Besi

Fosfor

Vitamin B1

Vitamin B2

Vitamin C

Niacin

13,8

3,5

1,41

3,6

61,7

0,41

32,9

4,1

0,31

0,12

0,64

5

7,8

Sumber  : FAO 1992

Berikut adalah manfaat mengonsumsi jamur tiram secara rutin bagi kesehatan tubuh:

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Traditional and Complementary Medicine, menunjukkan bahwa jamur tiram berpotensi meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahan aktif dalam jamur tiram dapat merangsang makrofrag untuk bekerja lebih aktif. Makrofag adalah salah satu bagian dari sel darah putih yang bertugas untuk virus, bakteri, dan mikroorganisme lainnya yang merugikan kesehatan tubuh.

  1. Menurunkan kolesterol

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Clinical and Experimental Pharmacology and Physiology menemukan bahwa jamur tiram dapat membantu mengurangi jumlah kolesterol total dalam darah. Temuan ini juga didukung oleh penelitian lain yang menemukan bahwa konsumsi jamur tiram rutin selama 24 hari dapat menurunkan kolesterol dari penderita diabetes tanpa memberikan efek samping pada hati dan ginjal.

Baca Juga :  5 Alasan Makan Menggunakan Tangan Lebih Menyehatkan

Manfaat jamur tiram ini datang dari kandungan lovastatin yang membantu mengatur sirkulasi kadar kolesterol darah. Selain itu, kandungan beta-glucan, yakni salah satu bentuk serat larut air yang ditemukan tinggi pada jamur juga bisa memengaruhi kadar kolesterol. Beta-glucan berfungsi menyerap kolesterol di aliran darah. Selain kolesterol darah, dalam penelitian tersebut juga menunjukan bahwa jamur tiram dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dan gula darah pada penderita diabetes.

  1. Membantu mencegah kanker

Sebuah penelitian terbitan International Journal of Oncology tahun 2008 menunjukan bahwa suplemen ekstrak jamur tiram dapat menekan pertumbuhan sel kanker payudara dan kanker usus besar. Suplemen yang sama juga dapat membantu mencegah penyebaran sel kanker ke bagian tubuh lainnya.

Kandungan beta-glukan dan glikoprotein yang ada dalam jamur tiram dapat meningkatkan respons antikanker tubuh secara alami. Komposisi jamur tiram ini akan memberi peringatan dini pada Natural Killer (NK) cell, yakni sel pembunuh alami yang mampu membunuh sel kanker untuk lebih waspada dengan adanya pertumbuhan sel kanker, dan sel T yang membantu melawan infeksi yang terjadi dalam tubuh.

  1. Sumber vitamin B3

Jamur tiram adalah sumber vitamin B3 (niacin) yang baik bagi tubuh dan mudah ditemukan. Vitamin B3 berperan penting untuk membantu memecah karbohidrat, lemak, dan protein dari makanan Anda agar bisa digunakan sebagai energi. Selain itu, niacin juga berfungsi menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol jahat.

  1. Sumber antioksidan
Baca Juga :  Khidmah kepada Guru untuk Keberkahan Ilmu

Manfaat jamur tiram lainnya dalah sebagai sumber antioksidan. Jamur tiram adalah salah satu jamur yang mengandung tinggi ergothioneine, yakni zat antioksidan yang membantu mencegah terjadinya peradangan. Penelitian yang dipublikasi dalam Journal of Medicinal Food tahun 2010 menyatakan bahwa ergothioneine bermanfaat untuk mencegah terjadinya pembentukan plak di pembuluh darah yang memicu penyakit jantung dan aterosklerosis Selain itu, antioksidan juga berfungsi menahan penyebaran sel kanker.

  1. Sumber tembaga untuk tubuh

Jamur tiram juga merupakan sumber mineral tembaga yang baik untuk tubuh. Tembaga berfungsi untuk melancarkan sirkulasi darah dengan meningkatkan pertumbuhan sel darah merah, dan juga membantu menjaga sistem saraf berfungsi dengan optimal. Tembaga juga memiliki fungsi untuk memperkuat jaringan ikat dengan membantu meningkatkan produksi kolagen.

  1. Dapat menurunkan berat tubuh

Jamur tiram memiliki kandungan air yang cukup tinggi yaitu sekitar 80 persen dan protein yang tinggi dan kalori yang sangat rendah. Kedua zat tersebut mampu membakar lemak lebih cepat dan menurunkan bobot tubuh.

Itulah 7 manfaat dan khasiat jamur tiram untuk kesehatan yang perlu kita ketahui. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita dalam menjaga kesehatan dengan memanfaatkan khasiat jamur tiram. Pola hidup yang sehat akan lebih menguntungkan kita nantinya di masa depan, karena kesehatan saat ini merupakan hal yang sangat mahal dan berharga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.