7 Tips Belajar Bahasa Inggris secara Efektif
Salah satu kata dalam bahasa Inggris. (Ils: Dribbble/ Giuseppe Salerno)

Suaramuslim.net – Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang digunakan di sebagian besar negara. Menguasai bahasa Inggris, baik secara aktif maupun pasif, menjadi hal yang penting dan dibutuhkan saat seseorang ingin berkomunikasi dengan orang-orang dari berbagai penjuru dunia. Oleh karena itu, akan lebih baik jika kita menguasai empat keterampilan utama, seperti mendengarkan, membaca, berbicara dan menulis. Agar kita bisa menguasai bahasa Inggris dengan baik, simak artikel berikut yang mengupas 7 tips belajar bahasa Inggris secara efektif:

1. Tonton program televisi atau film berbahasa Inggris dan simak siaran berbahasa Inggris dengan seksama. Hal tersebut adalah salah satu cara yang efektif untuk belajar bahasa Inggris, terutama mengasah kemampuan mendengarkan. Cobalah untuk memahami apa yang disampaikan tanpa membaca subtitles (teks di bagian bawah film) yang berbahasa Indonesia.

2. Baca buku-buku berbahasa Inggris apapun yang kita suka, entah itu novel atau jenis buku yang lainnya. Membaca buku berbahasa Inggris dapat melatih kemampuan membaca. Selain itu, membaca dapat meningkatkan kosakata bahasa Inggris. Sebab, kosakata sangat dibutuhkan untuk berkomunikasi secara lisan maupun tulisan.

Baca Juga :  Belajar di Inggris pun Aman Bagi Muslimah Indonesia

3. Praktikkan apa yang telah kita pelajari dengan cara berbicara. Katakan apa yang ingin kita sampaikan tanpa merasa ragu-ragu. Tepis pikiran apakah grammar (tata bahasa inggris) sudah betul. Banyak berpikir tentang grammar justru akan membuat kita takut untuk memulai berbicara menggunakan bahasa Inggris. Cari teman atau partner untuk diajak berbicara. Sebagai contoh, kita bisa berdiskusi dan bertukar pikiran tentang pengalaman kita dengan teman. Keberanian kita untuk berbicara berperan besar untuk belajar bahasa Inggris secara efektif.

4. Tulislah apa yang kita baca, cerita atau diary kita dalam bahasa Inggris. Baca buku-buku referensi tentang cara menulis dalam bahasa Inggris. Hal tersebut mendukung belajar bahasa Inggris lewat tulisan.

5. Pelajari grammar (tata bahasa Inggris), idiom, slang dan sejenisnya dengan cara mengerjakan latihan soal di buku grammar, mendengarkan native speaker berbicara dll. Menguasai grammar juga penting untuk mendukung keahlian berbahasa Inggris, terutama dalam tulisan.

6. Buatlah kegiatan yang mendukung pembelajaran bahasa Inggris, misalnya English conversation club. Ikuti lomba bahasa Inggris, semacam debat, pidato atau bercerita dalam bahasa Inggris. Kegiatan seperti ini membantu belajar bahasa Inggris secara efektif.

Baca Juga :  6 Cara Mengusir Rasa Ngantuk Saat Puasa Ramadhan

7. Belajar mandiri. Aktivitas lain yang mendukung belajar bahasa Inggris secara efektif adalah belajar mandiri. Jika kita menyadari pentingnya belajar mandiri, kita akan secara otomatis melakukannya. Dengan terus belajar, kemampuan berbahasa Inggris kita akan semakin meningkat. Hal itu pada akhirnya mendorong kita untuk semakin percaya diri dalam menggunakan bahasa Inggris.

Dengan terus belajar dan mengasah diri, semoga kemampuan bahasa Inggris kita terus meningkat. Good luck!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here