Suaramuslim.net – Sebagian dari kita seringkali melihat rezeki hanya persoalan uang yang kita hasilkan dari jerih payah bekerja. Padahal rezeki tak hanya itu. Rezeki Allah teramat luas cakupannya. Setidaknya ada delapan jalan rezeki yang Allah berikan untuk hambanya. Semuanya tertuang dalam Al Qur’an. Apa sajakah itu?

Rezeki Karena Sedekah (Al Baqarah: 245)

“Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak.”

Rezeki yang Telah Dijamin (Hud: 6)

“Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya.”

Rezeki Karena Bersyukur (Ibrahim: 7)

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu.”

Rezeki Karena Anak (Al Isra: 31)

“Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut kemiskinan. Kamilah yang akan memberi rezeki kepada mereka dan juga kepadamu.”

Rezeki Karena Menikah (An Nur: 32)

“Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (kawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya.”

Baca Juga :  Konsep Tentang Nafsu Menurut Al Quran

Rezeki Karena Usaha (An Najm: 39)

“Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya.”

Rezeki Tak Terduga Karena Takwa (At Talaq: 2-3)

“Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya.”

Rezeki Karena Istigfar (Nuh: 10-12)

“Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.