9 Cara Bayi Kenali Sosok Ayah dan Ibu

9 Cara Bayi Kenali Sosok Ayah dan Ibu

Ilustrasi Bayi (Ilustrator: Novitasari)
Ilustrasi Bayi (Ilustrator: Novitasari)

Suaramuslim.net – Memiliki seorang anak adalah hal paling membahagiakan bagi orang tua, terutama seorang ibu. Ibu pun sering berpikir apa, sih sebenarnya yang sedang dipikirkan bayinya? Apakah bayi sudah bisa mengenali ibunya? Apakah bayi sudah bisa melihat ibu? Pertanyaan-pertanyaan tersebut tentu saja membuat kita penasaran.

Ketika lahir, bayi akan mempelajari beberapa hal, di antaranya:

Suara Orang Tua

Sejak masih dalam kandungan, bayi mulai belajar bagaimana suara orang tua mereka, khususnya Ibu. Sehingga saat bayi lahir, dan kita mulai menggendongnya. Bayi sudah mengenal siapa kita dari suara yang mereka pelajari ketika masih dalam kandungan.

Aroma Tubuh Orang Tua

Bukan hanya suara orang tuanya yang bayi pelajari. Bayi juga mulai mempelajari aroma tubuh. Peneliti menemukan fakta, bahwa bayi mulai mengenal aroma tubuh orang tuanya setelah 3 hari mereka terlahir di dunia. Inilah mengapa bayi bisa mendadak menangis ketika digendong orang yang bukan ibunya sekalipun ia sedang tidur.

Pendapat yang sama diungkapkan oleh Alice Sterling Honig, Ph.D, Profesor perkembangan anak dari Universitas Syracuse, New York. Menurutnya, bayi tidak hanya mengenai aroma tubuh ibu, namun juga sangat menyukainya. Kebanyakan bayi mulai mengenali aroma tubuh ibunya saat mereka mendekatkan hidung di antara dagu dan pundak Ibu. Saat itulah bayi mempelajari bahwa kita adalah ibunya.  

Ibulah yang Memberi Mereka Makan

Saat bayi mencapai usia 6 minggu, mereka mulai mendapatkan kesempatan rata-rata sekitar 200 kali untuk disusui oleh ibu. Saat itulah mereka belajar bahwa ibu adalah seseorang yang bisa mereka percaya untuk memberi mereka makan saat lapar. Itulah mengapa banyak bayi yang tidak mengijinkan orang lain memberi mereka makan.

Ibu yang Menenangkan Mereka

Saat seorang bayi menangis, banyak dari ibu yang segera menggendong untuk meredakan tangisnya. Saat itulah mereka mulai melekat pada Ibu. Bayi mulai belajar bahwa dekapan dan gendongan ibulah yang menenangkan mereka.

Membedakan Gender

Saat bayi memasuki usia 10-12 minggu, bayi mulai bisa membedakan gender. Paul Quinn, Ph.D, seorang profesor psikologi dari Universitas Delaware, Amerika Serikat mengungkapkan fakta bahwa, sejak usia 3-4 bulan bayi mulai menyukai wajah pengasuh utamanya.

Jika pengasuh utama bayi adalah seorang ibu, maka bayi mulai menyukai wajah-wajah perempuan. Hal sebaliknya bisa terjadi jika pengasuh utama mereka adalah seorang ayah. Itulah mengapa beberapa bayi lebih tenang jika digendong oleh seseorang yang memiliki gender yang sama seperti pengasuh utama mereka.

Lanjut ke halaman 2

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

Wakaf

10.000 Al-Quran

Persembahkan Pahala Amal Jariyahnya untuk Orang Tua dan Keluarga Tercinta.