Era Digital Buat Bisnis Semakin Berkembang

Era Digital Buat Bisnis Semakin Berkembang

Era Digital Buat Bisnis Semakin Berkembang
Ilustrasi tools bisnis di era digital.

Suaramuslim.net – Era milenial, eranya dunia digital. Tak salah memang, dimana semua sudah mengalami digitalisasi. Karenanya, inilah saat yang tepat untuk mengembangkan dan membesarkan suatu bisnis.

Mengembangkan bisnis di era yang seperti ini juga bukanlah hal yang mudah. Jika telat sedikit dapat membuat tenggelam bisnis yang dijalani. Karenanya, kepekaan terhadap kebutuhan pasar harus semakin tinggi. Agar para pelaku bisnis dapat tetap bertahan dengan bisnis-bisnis mereka di era digital seperti sekarang ini.

“Sebenarnya digitalisasi merupakan peluang bagi para pelaku bisnis, yang menjadi masalah karena minimnya pengetahuan dan strategi digital,” kata Linda Rasyid, seorang praktisi dalam komunikasi dan bisnis. Digitalisasi di era milenial ini jika cepat disadari akan memberi banyak keuntungan.

Karenanya, ada kiat-kiat khusus untuk menjalankan bisnis di era digital ini. Mari kita simak apa saja kiat-kiat tersebut dilansir dari digitalpreneur.

  1. Pentingnya Content Marketing

Pemasaran konten menjadi hal utama untuk bertahan di era milenial seperti ini. Tim pemasaran perusahaan tak bisa abai soal hal ini. Konten pemasaran seperti artikel, foto, video terbukti menjadi salah satu alat pemasaran yang dapat mendongkrak kunjungan pelanggan.

  1. Sistem Digital Marketing

Kepuasan pelanggan dapat ditingkatkan dengan menggabungkan sosial media dan konten. Tak perlu bingung akan soal ini, karena sekarang banyak perusahaan ­e-commerce dengan jasa agensi digital. Jasa-jasa agensi yang bisa dimanfaatkan tersebut di antaranya branding, SEO, digital ads, sosial media, dan lainnya.

  1. Tetap Butuh Strategi Pemasaran yang Tepat

Meski sudah terjadi digitalisasi pada bisnis Anda, jangan lupakan bahwa bagaimanapun bentuknya tetap butuh strategi pemasaran yang tepat. Di era yang seperti ini, para pelaku bisnis dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif. Yang terpenting adalah konsistensi pelaku bisnis dalam mempromosikan bisnisnya. Bisa juga dilakukan dengan bekerjasama dengan perusahaan lain yang tentunya menjual produk yang berhubungan dengan produk Anda.

  1. Jangan Lupakan Mobile Marketing

Di era digital ini, pengguna ponsel pintar semakin bertambah. Alangkah baiknya, para pelaku bisnis dapat melihat peluang ini dengan menciptakan strategi mobile marketing. Dengan melakukan hal ini, dapat memperluas kunjungan konsumen ke dalam bisnis yang sedang dijalani. Perancangannya pun tak bisa sembarangan, harus mobile friendly. Dimana, konten yang diciptakan kompatibel dengan ponsel pintar kebanyakan orang.

Bisnis memang harus dinamis. Dapat mengikuti zaman tapi tidak menghilangkan khas bisnis tersebut. Pengoptimalisasian platform digital dapat dilakukan agar para pelaku bisnis dapat mempertahankan bisnisnya di era milenial seperti ini. “Kalau bisnis enggak go digital sekarang sulit,” tutup Laksmana Mustika, Founder Elven Digital.

Kontributor: Ilham Prahardani
Editor: Oki Aryono

Like this article?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on WhatsApp
Share on Telegram

Leave a comment