Pembangunan LRT Dinilai Mahal, KAMMI: Kami Khawatir Dananya Sulit Dikembalikan

Pembangunan LRT Dinilai Mahal, KAMMI: Kami Khawatir Dananya Sulit Dikembalikan

Pembangunan LRT Dinilai Mahal, KAMMI: Kami Khawatir Dananya Sulit Dikembalikan
Ilustrasi LRT (Foto: Theindependen)

JAKARTA (Suaramuslim.net) – Pembangunan proyek kereta ringan atau light rail transit (LRT) yang menghubungkan Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) mendapat tanggapan dari beberapa pihak. Salah satunya dari Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI).

KAMMI menilai proyek ini terlalu mahal dan khawatir pemerintah kesulitan mengembalikan dana yang berasal dari utang itu.

“Kami heran kenapa proyek ini sangat mahal hingga mencapai 637 miliar perkilometernya, padahal proyek ini bukan hanya berada di Jakarta tetapi di Depok dan Bogor juga yang biaya pembebasan lahannya relatif lebih murah,” kata Ketua Umum KAMMI Irfan Ahmad Fauzi dalam keterangan tertulisnya kepada media, Selasa (15/01).

“Kami khawatir pemerintah sulit mengembalikan dana dari utang ke sejumlah bank tersebut dalam waktu singkat, apalagi kalau tidak salah juga meminjam dari luar negeri,” tambah Irfan.

Menurut Irfan, pembangunan dengan biaya sangat mahal ini bisa berdampak buruk terhadap LRT sendiri. Bahkan menurutnya, LRT terancam tidak dapat beroperasi seterusnya.

“Bisa jadi LRT tidak dapat beroperasi lama karena dengan pembangunan yang mahal otomatis nantinya tarif penumpangnya juga mahal. Kalau mahal orang tidak mau naik dan uang tidak berputar, dari mana LRT akan membiayai operasionalnya?” Tanya Irfan.

Lebih lanjut kata Irfan, banyak tokoh yang mengatakan pembangunan LRT ini mahal dan tidak tepat dalam pembangunan lokasinya.

“Seperti misalnya lintasan LRT yang bukan di kota, kenapa tetap dibangun melayang (elevated)? Kan bisa non elevated yang lebih murah. Juga seperti pembangunan di dekat tol, untuk apa LRT bersebelahan dengan jalan tol, inikan fungsinya jadi sia-sia,” tandas Irfan.

Reporter: Ali Hasibuan
Editor: Muhammad Nashir

Like this article?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on WhatsApp
Share on Telegram

Leave a comment