Sebelum Bertanding di Portugal, Timnas U-15 Latihan Fisik Ala Militer

Sebelum Bertanding di Portugal, Timnas U-15 Latihan Fisik Ala Militer

Suasana latihan Timnas U-15 di lapangan Pusdikjas Cimahi Jawa Barat
Suasana latihan Timnas U-15 di lapangan Pusdikjas Cimahi Jawa Barat, Rabu siang (19/6). Foto: Saifal.

CIMAHI (Suaramuslim.net) – Guna mendukung kesiapan fisik timnas sepakbola pelajar U-15 di Portugal pada 1 Juli hingga 6 Juli mendatang, pusat pendidikan jasmani TNI AD memberikan latihan di lapangan Pusdikjas Cimahi Jawa Barat, Rabu siang (19/6).

Latihan fisk tersebut berupa latihan VO 2 Max cabang olahraga sepakbola yang didampingi langsung oleh tester atau pelatih dari Pusdikjas TNI AD. Sebelum melakukan latihan para atlet Timnas U-15 ini terlebih dahulu mengikuti pengecekan kesehatan, kemudian melakukan pemanasan yang didampingi pelatih mereka.

Menurut wakil Komandan Pusat Pendidikan Jasmani TNI Angkatan Darat Letkol Inf Drs Joko MM., latihan fisik ini merupakanbagian dari mengukur kemampuan fisik para atlet muda. Dengan 10 sirkuit teknik yang dilakukan diharapkan bisa menambah kemampuan para atlet dalam berlaga di Portugal nanti.

“Metode sirkuit teknik yang dilaksanakan oleh timnas U-15 ini adalah totalitas seluruh komponen kesegaran jasmani pada usia mereka, maka dengan latihan 10 komponen sirkuit teknik tadi bisa meningkatkan VO 2 Max sehingga meningkatkan kemampuan mereka,” kata Wadan Pusdikjas usai memberikan pelatihan fisik pada Timnas U-15 ini.

Selain itu Wadan Pusdikjas menyebut, ini juga merupakan bagian dari kepedulian TNI dalam mendukung para atlet agar bisa memenangkan laga sepakbola di Portugal nanti.

“Tentunya ini bagian dari latihan untuk mendukung kesehatan jasmani Timnas U-15 ini sesuai dengan kemampuan Pusdikjas TNI AD,” pungkasnya.

Sementara itu pelatih tim pelajar U-15 Kemenpora RI Aples Gidein Tecuari mengatakan dengan latihan fisik ini memudahkan dirinya melihat potensi dan kemampuan atlet untuk penempatan komposisi pemain.

“Dari latihan ini akan bisa menjadi pertimbangan kita pada pemain untuk bisa bermain di Portugal nantinya, agar para pemain semakin solid juga bermainnya,” ujar Aples.

Sebelum berangkat untuk bertanding pada 1 hingga 7 juli mendatang, timnas U-15 ini akan melakukan uji coba beberapa kali lagi guna meningkatkan kemampuan pemain.

Reporter: Saifal
Editor: Muhammad Nashir

Like this article?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on WhatsApp
Share on Telegram

Leave a comment