Gelar FGD, KNPI Bandung dan Karang Taruna Bahas Pekerja Anak

Gelar FGD, KNPI Bandung dan Karang Taruna Bahas Pekerja Anak

Gelar FGD, KNPI Bandung dan Karang Taruna Bahas Pekerja Anak
Focus Group Discusion (FGD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Bandung dan Karang Taruna Sukaluyu bersama Disnaker kota Bandung, Selasa, (19/11).

BANDUNG (Suaramuslim.net) – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Bandung dan Karang Taruna Sukaluyu menggelar Focus Group Discusion (FGD) di Bandung, Selasa, (19/11). Hadir juga perwakilan dari Disnaker kota Bandung.

FGD tersebut mengangkat tema ‘Pencegahan dan Perlindungan Pekerja Anak.’ Menurut Wakil Ketua KNPI kota Bandung Mohamad Isa Fajri Yanuar, S.H., CPL, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya menekan angka pekerja anak di bawah umur. Ditargetkan tahun 2020 mendatang angka pekerja anak di bawah umur dapat dikurangi, khususnya di Bandung.

“Taget kita pada tahun 2022 mempersempit pekerja anak di bawah umur, mudah-mudahan ini bukan hanya sebatas wacana atau diskusi saja tapi kita betul-betul bisa mengajak anak-anak muda dan masyarakat untuk mencegah pekerja anak di bawah umur,” kata Mohamad Isa Fajri Yanuar di lokasi kegiatan.

Berdasarkan hasil FGD Yanuar mengungkapkan satu setengah persen anak Indonesia sudah bekerja dengan alasan ekonomi. Bandung sendiri akan diupayakan menjadi kota percontohan untuk mengurangi angka pengangguran.

“Kita akan coba kota Bandung jadi pelopor, target kita 2022 mulai berkurang,” tuturnya.

Sementara itu Edi Sartono selaku Kabid Norma Ketenagakerjaan dan Jamsostek Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung mengapresiasi kegiatan FGD yang diselenggarakan KNPI ini.

“Saya sangat mengapresiasi KNPI kota Bandung mengadakan FGD tentang bebas dari pekerja anak,” kata Edi.

Ia berharap kegiatan ini bisa menjadi contoh daerah lain untuk menghilangkan pekerja anak di bawah umur.

“Harapan kami Bandung bisa jadi role model, kita berharap kegiatan ini bukan hari ini saja tapi ada kelanjutan,” tukasnya.

Reporter: Saifal
Editor: Muhammad Nashir

Like this article?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on WhatsApp
Share on Telegram

Leave a comment