Sehat Nggak Harus Mahal, Ini Nih Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan

Sehat Nggak Harus Mahal, Ini Nih Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan

Gowes bersama pegiat Surabaya Night Ride. Foto: instagram/surabaya_nightride

Suaramuslim.net – Akhir-akhir ini kegiatan bersepeda memang sedang naik daun. Kegiatan bersepeda atau gowes seakan “bangun” lagi dari tidurnya. Komunitas sepeda pun juga mulai menjamur, apalagi saat ini sedang marak bersepeda pada malam hari. Di Surabaya sendiri beberapa hari lalu ratusan muda mudi gowes berkeliling Surabaya dengan titik kumpul awal di Taman Bungkul Surabaya dan berakhir di Balai Kota Surabaya. Ada 14 rute yang dilewati para pegiat gowes ini yaitu Taman Bungkul Surabaya, Ujung Galuh, Makam Ngagel, PLN Ngagel, Pasar Pucang, SMAMDA, Pasar Menur, Kertajaya, MERR, Kenjeran, Ploso, Kapas Krampung, Taman Mundu, dan terakhir Balai Kota.

“Kegiatan ini memang rutin. Dan malam ini pesertanya memang lebih banyak dari gowes sebelumnya. Banyak juga peserta-peserta baru, jadi bisa nambah relasi sebanyak mungkin dengan sesama pegiat gowes,” jelas Rahmad Syaifudin salah satu peserta gowes yang saya temui malam itu di Taman Bungkul Surabaya.

Ya, bersepeda memang kegiatan yang cukup mengasyikkan. Tak semata-mata hanya karena hobi, bersepeda juga baik untuk kesehatan, lho! Mau tau apa saja manfaat bersepeda? Yuk, simak ulasan di bawah ini.

1. Menjaga berat badan

Berkat bersepeda, kinerja kardiovaskular dan otot kamu menjadi kian optimal. Salah satu keuntungan dari tubuh yang aktif, kardiovaskular yang baik, dan otot terlatih adalah meningkatnya metabolisme tubuh dan pembakaran kalori. Pembakaran kalori tentu saja sangat baik untuk menjaga berat badan tetap ideal. Kombinasikanlah kebiasaan bersepeda secara rutin dengan pola makan gizi seimbang, untuk mencegah dan mengatasi kegemukan.

2. Mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah

Bersepeda secara teratur dapat merangsang dan memperbaiki jantung, paru-paru, sirkulasi darah, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Bersepeda akan memperkuat otot jantung dan mengurangi kadar lemak dalam darah. Hal ini dibuktikan dalam studi di Denmark yang menunjukkan bahwa orang yang bersepeda secara rutin akan terpelihara dari penyakit jantung di usia tua.

3. Mengurangi stres

Melakukan aktivitas fisik, termasuk bersepeda, akan membuat tubuh kamu memproduksi hormon dopamin yang dapat meningkatkan rasa bahagia sehingga dapat mengurangi stres, atau bahkan depresi yang kamu alami.

4. Meningkatkan kekuatan otot

Manfaat bersepeda dapat banyak dirasakan tubuh karena hampir semua anggota tubuh dan otot yang terlibat saat kamu bersepeda. Jika dilakukan secara rutin, maka otot yang kuat dan fleksibel menjadi salah satu dari hasilnya. Selain itu, koordinasi dan keseimbangan tubuh juga ikut terlatih.

5. Menyehatkan tulang

Manfaat bersepeda dapat mencegah kamu mengalami patah tulang akibat jatuh. Meskipun bersepeda tidak secara khusus membantu mengatasi osteoporosis, namun, bersepeda merupakan bentuk latihan yang ideal bagi penderita osteoporosis, karena bersepeda adalah latihan ringan yang hanya akan memberikan tekanan sedikit kepada sendi.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa setelah pasien lansia mulai bersepeda, nyeri lutut dan osteoartritis semakin membaik.

6. Menstabilkan diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang berbahaya dan mematikan. Tak hanya orang yang sudah sangat dewasa yang berisiko menderita diabetes, anak muda zaman sekarang juga sangat mungkin terserang risiko diabetes.

Apalagi, jika mereka tidak memiliki pola hidup yang sehat. Nah, manfaat bersepeda ternyata bisa menstabilkan diabetes. Cobalah untuk bersepeda sedikitnya selama 30 menit setiap harinya.

7. Meningkatkan kemampuan otak

Olahraga telah berulang kali dikaitkan dapat menyehatkan otak – dan pengurangan perubahan kognitif yang dapat membuat kita rentan terhadap demensia di kemudian hari.

Sebuah studi 2013 menemukan bahwa selama latihan, aliran darah pengendara sepeda di otak meningkat 28 persen, dan hingga 70 persen di area tertentu. Tidak hanya itu, manfaat bersepeda membuat di beberapa area aliran darah tetap naik hingga 40 persen bahkan setelah olahraga. Penelitian menyimpulkan bahwa kita harus bersepeda selama 45-60 menit, empat kali seminggu.

8. Meningkatkan kemampuan seks

Sebagian besar dari kita tahu bahwa seks adalah hal yang baik, tetapi tidak semua orang tahu bahwa itu sebenarnya baik untuk kesehatan kamu secara keseluruhan. Bahkan, seks biasa memang bisa memperpanjang umur..

Dr Michael Roizen, yang memimpin Wellness Institute di Klinik Cleveland, mengatakan: “Pria yang khas memiliki 350 orgasme setahun, dibandingkan dengan rata-rata nasional sekitar seperempat dari itu, akan hidup sekitar empat tahun lebih lama.” Temuan serupa terungkap pada perempuan.

Jadi bisakah bersepeda meningkatkan kehidupan seks kamu? Ya, manfaat olahraga sepeda membangun beberapa kelompok otot yang muingkin penting. Dr Matthew Forsyth, ahli urologi dan pengendara sepeda yang tajam dari Portland, Oregon, mengatakan: “Semua otot ini (yang dibentuk saat bersepeda) digunakan selama hubungan seksual. Semakin baik mengembangkan otot-otot ini, hubungan seksual yang lebih lama dan lebih atletik.”

Like this article?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on WhatsApp
Share on Telegram

Leave a comment