Acar, Makanan Pelengkap yang Berkhasiat

26
Acar, Makanan Pelengkap yang Berkhasiat

Suaramuslim.net РAcar termasuk  jenis kudapan yang biasa dihidangkan di beberapa menu makanan berat. Seperti gulai kambing, sate, bakmi goreng, nasi goreng, dan martabak telor. Irisan bawang merah dan putih dalam bumbu kacang sate misalnya yang memiliki kandungan antioksidan tinggi, sehingga mampu menetralisir lonjakan kolestrol dan darah tinggi pasca menyantap sate kambing.

Olahan sayuran segar seperti wortel, mentimun dan bawang merah, yang diberi cuka ini bakal menambah selera makan. Mengonsumsi acar ternyata juga berpengaruh positif untuk menyeimbangkan kesehatan tubuh lho. Berikut ulasannya:

Menjaga Kolestrol
-Advertisement-

Kandungan alami dari campuran sayuran dalam acar mampu menyeimbangkan kadar kolestrol berlebih. Sehingga, Anda tidak perlu takut berlebih untuk sekedar mencicipi sate dan gule kambingnya. Kombinasi cuka dan sayuran segar akan menurunkan kadar kolestrol yang ada dalam daging kambing.

Mengontrol Tekanan Darah

Penderita tekanan darah tinggi tidak disarankan untuk mengonsumsi daging kambing berlebih. Karena daging kambing terbukti ampuh membuat tekanan darah mendadak tinggi. Namun, jika Anda ingin sesekali menyantap makanan tinggi lemak itu, harus menyertakan pula acar. Kandungan mentimun dan bawang merah dalam acar mampu mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Jadi setiap selesai makan makanan bersantan atau berlemak, pastikan juga mengonsumsi acar.

Membuang Racun dalam Tubuh

Pernahkah kita berfikir bahwa sate yang kita beli dari luar itu higienis? Sementara kita menyaksikan sendiri proses memasak daging sate yang dilakukan oleh penjual terkadang berpotensi menyisakan kuman dalam daging.

Penyebabnya bisa jadi karena tempat panggangan sate yang tidak selalu dicuci, sehingga sisa pembakaran sebelumnya masih menempel. Belum lagi jika satu atau dua batang tusuk sate tanpa sengaja terjatuh ke dalam arang yang kemudian diambil lagi oleh penjual.

Nah, untuk membuang segala racun akibat makanan yang masuk ke dalam tubuh, kita disarankan untuk mengonsumsi acar. Ini karena acar mengandung anti bakteri yang mampu melawan sekaligus melancarkan proses pembuangan racun dalam tubuh.

Menangkal Radikal Bebas

Selain antibakteri, acar juga memiliki kandungan antioksidan tinggi. Bahkan kandungan alfa-karoten yang serupa dengan beta-karoten ini tergolong tinggi. Yaitu 10 kali lebih efektif sebagai antioksidan dibandingkan dengan beta-karoten. Ini berarti acar bisa menangkal radikal bebas yang bisa merusak kondisi kulit tubuh dan menyebabkan penuaan dini pada kulit.

Melindungi Daya Tahan Tubuh

Seperti kita tahu sayuran hijau memiliki segudang manfaat bagi kesehatan manusia. Tak salah jika kita disarankan untuk rutin mengonsumsi buah dan sayur. Begitu halnya dengan acar yang berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh. Jika sistem imun dalam tubuh cukup kuat, maka tubuh tidak mudah terserang penyakit ringan seperti demam, pusing, flu, dan batuk.

Jadi mulai saat ini jika membeli nasi goreng atau martabak, jangan lupa untuk mengonsumsi pula acarnya ya. Selain rasanya segar dengan kandungan cuka, acar juga berdampak baik bagi kesehatanmu lho!

Kontributor: Siti Aisah
Editor: Oki Aryono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here