Ketua Peusaba Mawardi Usman dan teman-teman dalam salah satu sosialisasi pakaian Aceh di Gunongan, Banda Aceh. (Foto: Jamaluddin)

BANDA ACEH (Suaramuslim.net) – Peubeudoh Adat dan Budaya Aceh (Peusaba) Aceh menyebut untuk menyelamatkan adat istiadat, situs sejarah dan perdamaian Aceh, Turki harus menolong Aceh.

Ketua Peusaba Mawardi Usman menyatakan bahwa Turki sangat baik dan mulia dalam pandangan bangsa Aceh.

“Apalagi Turki berperan sangat penting dalam perdamaian Moro,” katanya pada Rabu (6/3/19).

Mawardi mengaku miris melihat situasi Aceh yang semakin hari terus dilanda kemelut dan prahara. Ancaman pemusnahan situs sejarah Aceh sejak dari era dinasti Seljuk di Gampong Pande menjadi kawasan IPAL dan langkah melumpuhkan adat istiadat Aceh secara terang-terangan membuat Aceh sangat terancam.

Peusaba mengingatkan bahwa perdamaian Aceh dan kekhususan Aceh di ujung tanduk. Karena itu menurut Peusaba kalau Aceh membutuhkan bantuan dari luar untuk menyelamatkan Aceh sekarang ini.

Turki yang memiliki sejarah ratusan tahun dengan Aceh diharapkan dapat menolong menyelamatkan perdamaian dan kekhususan Aceh yang berada dalam bahaya besar.

“Kami mengharapkan bantuan dari Turki menyelamatkan situs sejarah, adat istiadat dan perdamaian Aceh sehingga Aceh damai selamanya. Aceh dan Turki bersaudara hingga akhir masa,” kata Mawardi.

Baca Juga :  Kontroversi Kematian Jurnalis Oposisi Saudi Jamal Khashoggi Di Turki

Sumber: Rilis Peusaba
Editor: Muhammad Nashir

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.