Orang-orang berkumpul di Afrika Selatan untuk memprotes pelanggaran Israel terhadap rakyat Palestina (Foto: BDSsouthafrica)

Suaramuslim.net – Delegasi Afrika Selatan dalam 29th UN Human Right Council Periodic Review Working Group atau Sidang Evaluasi Lembaga HAM PBB ke 29 di Jenewa, Swiss pada Selasa (23/1) menyebut Israel sebagai satu-satunya negara apartheid di dunia saat ini.

Dalam sidang yang mengevaluasi setiap catatan hak asasi manusia setiap anggota PBB yang dinilai setiap lima tahun, perwakilan Afrika Selatan mengatakan bahwa Israel adalah negara apartheid yang melakukan kejahatan perang dan diskriminasi institusional kepada rakyat Palestina.

Afrika Selatan dalam forum tersebut menuntut Israel untuk memberikan hak menentukan nasib sendiri kepada Palestina, kemudian mengimplementasikan resolusi PBB dimana Israel dilarang bertindak rasis dan harus menyediakan akses air, makanan dan layanan kesehatan.

Sementara menurut Direktur United Nation Human Right Watch John Fisher menyatakan dalam forum tersebut Israel justru menanggapi pernyataan delegasi Afrika Selatan secara politis bukan dengan perspektif HAM.

Point of order dari Israel seharusnya berfokus ke HAM, bukan politik, sehingga salah menanggapi tuntutan Afrika Selatan agar rakyat Palestina diberikan kebebasan menentukan nasibnya sendiri” kata John Fisher di akun twitternya.

Baca Juga :  KAMMI Mengutuk Tindakan Represif Israel atas Aksi Great Return March

Penulis dan Penerjemah: Ahmad Jilul Qur’ani Farid
Editor: Muhammad Nashir

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.