Airlangga Hartanto, Menteri Perindustrian dari partai Golkar, foto: Dok. Istimewa

SURABAYA (Suaramuslim.net) – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto memaparkan perkembangan program santripreneur. Pria yang juga menjabat Menteri Perindustrian ini menyebut program santripreneur pemerintah sedang berjalan dan akan terus ditingkatkan.

“Kita pelatihan-pelatihan untuk santri, ada beberapa pesantren yang nanti terus akan kita tambah,” kata Airlangga usai mengisi Seminar Nasional Pengembangan UMKM dan Workshop di Hotel Sheraton Surabaya, Kamis (7/3/2019).

Namun, saat ditanya oleh beberapa awak media perbedaan santripreneur program pemerintah dengan santripreneur yang digagas paslon capres nomor urut 02, Airlangga mengatakan kubu sebelah melakukan copycat atau meniru saja.

“Bukan, ini kan program pemerintah yang sudah berjalan. Jadi kalau kubu sebelah kan namanya copycat,” lanjutnya.

Sementara itu, Airlangga mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai kegiatan untuk mendorong program santripreneur.

“Kita bicara pesantren, ekosistem juga kita dorong dalam kegiatan-kegiatan. Misalnya pesantren di Jawa Barat kita bantu peralatan untuk membuat roti, di mana roti itu dikonstruksi sendiri oleh santri-santri di sana,” ujar Airlangga.

“Jadi ekosistem itu yang kita dorong saat ini. Kita sudah melakukan pembinaan dan bantuan di 16 pesantren dan programnya ada mulai daur ulang, konveksi, makanan minuman, kemudian perbengkelan, kerajinan organik yang secara generik mempunyai komunitas cukup dan mempunyai skill cukup untuk dikembangkan di pesantren-pesantren,” pungkasnya.

Reporter: Teguh Imami
Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here