Inilah Alasannya, Mengapa Harus Berlomba dalam Kebaikan

1791
Mengapa Harus Berlomba dalam Kebaikan

Suaramuslim.net – Islam tidak hanya meminta umatnya untuk berbuat kebaikan. Lebih dari itu seorang muslim diminta untuk berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan. Berikut ini beberapa faedah jika kita mengikuti perlombaan dalam kebaikan.

Mental selalu berlomba dalam kebaikan (fastabiqul khoirot) ini seharusnya dimiliki seorang muslim. Karena ketika mental ini ditanamkan dalam kehidupan kita, maka hidup akan diwarnai dengan keteraturan, optimisme serta kesungguhan. Dan senantiasa menyegerakan segala sesuatu yang berurusan dengan Allah atau syariat-Nya.

Allah berfirman dalam Surat Al Baqarah yang artinya, “Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu (dalam berbuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”( Q.S Al- Baqarah : 148 )

Fastabiqul Khoirot  adalah suatu konsep yang menghendaki segenap umat Islam segera melakukan aksi kebaikan untuk mendapat ridha-Nya. Jika ada orang lain juga melakukan, maka berusahalah untuk melakukan dengan kualtias terbaik (ahsanu ‘amala) dan terus-menerus.

Dalam Tafsir al Qurtuby (6/153) Firman Allah, “Maka berlomba-lombalah kalian dalam berbuat kebaikan ” maksudnya bersegeralah kalian pada keta’atan. Ayat ini menunjukkan bahwa mendahulukan kewajiban lebih utama daripada mengakhirkannya, ulama tidak berbeda dalam hal ini, terutama  dalam masalah sholat di awal waktu.

Sementara itu dalam Tafsir Ibnu Katsir ayat tentang berlomba-lomba dalam kebaikan maksudnya agar kita senantiasa taat kepada syari’at Allah subhanahu wa ta’ala dan menjadikannya sebagai penghapus syariat yang sebelumnya dan membenarkan kitab-Nya yaitu al Qur’an yang menjadi akhir kitab yang diturunkan-Nya.

Fastabiqul Khoirot sangat membutuhkan perencanaan, pelaksanaan dan kontroling sehingga waktu tidak ada yang terbuang percuma. Energi tersalurkan pada peningkatan mutu diri secara keseluruhan.

Waktu Akan Menjadi Lebih Produktif

Dengan berlomba-lomba dalam kebaikan, kita akan mendapatkan faedah yang luar biasa, yaitu semua waktu akan menjadi produktif, tidak ada waktu yang terbuang percuma, karena manusia akan sibuk dengan amal kebaikan.

Selain itu, membiasakan diri ber-fastabiqul khoirot akan menyelamatkan diri kita pada kesia-siaan waktu, karena semua dihadapi dengan perencanaan dengan sebaik-baiknya dan amalan yang kita lakukan akan diridhoi oleh Allah subhanahu wa ta’ ala.

Umat muslim harus menjadikan fastabiqul khoirot menjadi sebuah karakter yang melekat pada diri kita, maka insya Allah kita akan merasakan hadirnya cinta dalam melakukan pekerjaan-pekerjaan yang baik yang Allah ridhai.

Faedah yang terakhir, kita diselamatkan dari bisikan setan yang merugikan. Pada dasarnya manusia diciptakan dengan fitrah bekerja. Ketika segala apa yang kita kerjakan tidak berdasarkan fitrah yang Allah cipta, maka akan timbul hal-hal yang tidak diinginkan, karena menyimpang dari yang seharusnya. (yet/smn)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here