Foto bersama setelah juara, dari kiri: Azam Annajah Safari: (Beatbox/Perkusi), Wahyu Sudrajat Purbajati: (Backing Vocal 1), Joddy Oki Ibrahim : (Backing Vocal 2), Muhammad Irfan Farras : (Bass), Muhammad Luqman Hakim : (Lead Vocal). Foto: Dok. Istimewa

SURABAYA (Suaramuslim.net) – Anak bangsa kembali menorehkan tinta emas di kancah Asean melalui grup nasyidnya pada Selasa tanggal 30 April 2019. Acara yang bertajuk ‘Dai Voice Thailand – ASEAN 2019′ ini sukses mengantarkan grup nasyid Qolbu Voice asal Malang menyabet juara 1.

“Alhamdulillah kami juara 1 di tingkat Asean yang diikuti oleh sekitar 10 finalis dari berbagai negara, ini prestasi bangsa yang harus disyukuri,” ujar Irfan, salah satu personil grup Qolbu Voice saat mengisi talkshow di Radio Suara Muslim Surabaya, Sabtu (11/5).

Irfan menceritakan pada mulanya mereka mengirimkan video pendek kepada panitia yang diikuti sekitar 34 dari perwakilan berbagai negara, setelahnya mereka dinyatakan menang dan masuk finalis bersama 10 finalis lainnya, kemudian dari tuan rumah sendiri (Thailand) diambil 5 dari 50 yang mendaftar.

Di sisi lain, bagi Irfan dan grup banyak suka duka yang mereka alami sebelum menjadi juara.

“Suka dukanya banyak ya. Terlebih dukanya, saat kami ingin mengikuti kontestasi ini, kami mencari dana sendiri. Pontang-panting nyari sponsor, donatur, banyak juga yang menolak dan tidak mensponsori kami termasuk dari salah satu instansi pemerintahan. Namun Alhamdulillah ada saja yang masih mensponsori kami, dan ini hasilnya,” kenang Irfan.

Baca Juga :  Ternyata Para Pejuang Kemerdekaan Ini Seorang Santri

Irfan menuturkan grand final lomba nasyid bergengsi di wilayah Asia Tenggara ini diikuti oleh empat belas grup nasyid utusan dari Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Lomba sendiri berjalan dengan penuh khidmat dan meriah. Penonton memadati lokasi acara karena ingin menyaksikan secara langsung lomba ini.

Hasil penilaian dewan juri yang juga terdiri dari utusan negara-negara di Asia Tenggara menetapkan juara ‘Dai Voice Thailand – ASEAN 2019’ adalah sebagai berikut;

Juara 1: Qolbu Voice (Indonesia)
Juara 2: Syahid (Thailand)
Juara 3: Hilmee (Thailand)
Juara 4: Khairan (Malaysia)
Juara 5: Menzeel (Indonesia)

Sedangkan untuk posisi selanjutnya diraih oleh;

Peringkat 6: Anugerah (Malaysia)
Peringkat 7: Jernih (Thailand)
Peringkat 8: Nur-Qismee (Thailand)
Peringkat 9: The Virtuous (Malaysia)
Peringkat 10: Wardah (Thailand)
Pringkat 11: Voice of GAU (Thailand)
Peringkat 12: Adnan (Indonesia)
Peringkat 13: The Messenger (Malaysia)
‘Peringkat 14: Al Fannan (Malaysia)

“Alasan dewan juri menetapkan Qolbu Voice jadi juara pertama Dai Voice Thailand – ASEAN 2019 adalah karena menimbang 5 kelebihan yang dimilikinya dibanding dengan peserta lomba lainnya. 5 kelebihan yang dimiliki oleh Qolbu Voice yaitu penguasaan pentas, penggunaan mikrofon, pengucapan suku kata, ekspresi wajah dan kontrol pernafasan,” pungkas Irfan dalam talkshow Advertorial Radio Suara Muslim Surabaya 93.8 FM.

Baca Juga :  Sejarah Nyinyir Keindonesiaan Kita

Reporter: Teguh Imami
Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here