Apa Saja Syarat Giveaway Jodoh?

Suaramuslim.net – Jodoh. Satu kata yang bisa membuat hati para jomlo bergetar. Jodoh itu identik dengan kerahasiaan, penuh misteri untuk sang penanti. Siapa jodoh kita, dimana kita akan dipertemukan dengan jodoh kita, kapan kita akan menikah, semua tidak ada yang tahu, bahkan diri kita sekalipun. Semua urusan tentang jodoh telah diatur apik oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Banyak yang mengatakan, “jangan risau soal jodoh, nanti pasti datang sendiri.” Nah, anggapan awam seperti inilah yang membuat para jomlo menjadi pasrah akan jodoh. Menganggap jika jodoh adalah takdir yang tidak perlu usaha pun, akan datang sendiri. Apakah Allah biro jodoh yang menjodohkan hamba-Nya dengan sesuka hati, dan memberikannya dengan cara yang mudah? Tidak! Takdir jodoh tidak seperti itu. Allah telah berfirman,

-Advertisement-

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sampai mereka sendiri yang mau untuk mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” (QS Ar-Ra’d [13]: 11)

Dari ayat di atas sudah jelas bahwa Allah memerintahkan hamba-Nya untuk berusaha jika berkeinginan untuk merubah keadaan. Jika kita menghubungkannya dengan urusan jodoh, ayat ini juga sangat berpengaruh. Kita semua pasti menginginkan jodoh yang salih/salihah.

Baca Juga :  Nuansa Rahmah yang Membawa Limpahan Berkah

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah intropeksi diri. Tanyakan pada diri sendiri, “Kira-kira si dia mau nggak ya sama aku yang jarang salat? Yang nggak bisa baca Al-Quran? Yang nggak menutup aurat?”, dan lain sebagainya. Tujuan dari introspeksi diri adalah untuk memperbaiki diri, karena sesungguhnya jodoh adalah cerminan diri kita. Jika kita orang baik, pasti Allah akan mempertemukan kita dengan jodoh yang baik. Begitu juga sebaliknya, jika kita orang yang buruk, kita akan diberi jodoh yang buruk pula. Semua adil dan setimpal.

Pernahkah kalian mendengar giveaway? Untuk para milenial pasti tahu  kegiatan satu ini. Giveaway adalah sebuah kegiatan berupa hadiah gratis kepada siapa saja yang disediakan oleh sponsor, namun peserta harus memenuhi syarat untuk mendapatkan hadiah gratis tersebut. Biasanya giveaway diadakan oleh online shop di media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Youtube. Nah, untuk urusan jodoh, tak jauh hubungannya dengan sistem giveaway ini. Loh, kok bisa?

Memang Allah telah menentukan hamba-Nya secara berpasangan, yang artinya kita pasti mempunyai jodoh. Namun, jodoh itu tak harus dinanti, tapi juga dijemput. Butuh usaha. Usaha inilah yang hampir mirip dengan syarat ketika kita mengikuti giveaway.

Baca Juga :  Menjadi Jomblo Berkualitas

Allah menyediakan hadiah berupa jodoh yang salih/salihah, tapi ada syarat untuk mendapatkannya. Apa saja syaratnya? Yuk kita simak!

  1. Muhasabah dan Perbaikan Diri

    Muhasabah diri atau introspeksi diri adalah menilai kualitas diri sendiri. Jika kita menginginkan jodoh yang salih/salihah, pastinya kita juga harus se-berkualitas jodoh yang kita inginkan. Ibaratnya kupu-kupu hanya mau dengan bunga, atau lalat hanya mau dengan sampah. Nah, dari muhasabah kita pasti menemukan kekurangan diri kita. Kita bisa memperbaiki kualitas diri baik kualitas dalam yang mencakup iman, dan kualitas luar yang mencakup tubuh.

  1. Selalu Mematuhi Perintah-Nya

    Jodoh itu milik Allah, jika kita menginginkan kepemilikan-Nya, otomatis kita harus mau mengikuti perintah-Nya. Misalnya kita bekerja sebagai karyawan untuk mendapatkan penghasilan, otomatis kita harus mematuhi perintah bos untuk mendapatkannya. Sederhana, bukan?

  1. Selalu Menjauhi Larangan-Nya

    Sesuatu yang dilarang Allah pasti mendatangkan bahaya. Contohnya pacaran. Kita tahu bahwa Islam melarang umatnya untuk berpacaran, karena pacaran itu mendekati zina, dan Allah melaknat orang yang mendekati zina. Mendekati saja tidak boleh, apalagi melakukan. Banyak yang mengatakan ‘bagaimana cepat dapat jodoh kalau nggak mau pacaran!’ mereka menganggap bahwa pacaran adalah salah satu cara untuk cepat mendapatkan jodoh. Padahal, banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan jodoh, misalnya ta’aruf.

  1. Selalu Berdoa

    Jika pasanganmu adalah jodohmu, maka pasangan dari ikhtiar adalah doa. Setelah kita berikhtiar untuk mendekatkan dengan jodoh kita, maka poin terakhir adalah berdoa. Doa bisa kita lakukan saat salat fardhu, salat tahajjud, salat dhuha, dan salat sunah lainnya. Bukankah lebih romantis jika kita saling mendoakan untuk segera didekatkan. Insyaallah, Allah akan mengabulkan doa dari setiap hamba-Nya.

Nah, sudah tahu kan syarat-syarat giveaway jodoh yang diminta Allah? Intinya, jodoh itu milik Allah, kalau kita inginkan jodoh yang baik, berarti kita harus mematuhi syarat yang diberikan pemiliknya. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk para jomlo yang menunggu datangnya jodoh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.