Atasi Sariawan di Lidah dengan 6 Cara Ini

Atasi Sariawan di Lidah dengan 6 Cara Ini

Ilustrasi sariawan di lidah. Foto: fudaindonesia.com

Suaramuslim.net – Timbulnya sariawan di lidah tentu dapat mengganggu. Sariawan dapat menyebabkan rasa tidak enak, sakit dan perih pada mulut, hingga menurunnya kemampuan merasakan. Kondisi ini tentu akan mengganggu kamu saat makan dan minum.

Sariawan bisa disebabkan oleh beberapa hal. Kondisi medis seperti aphthous stomatitis (canker sores), stres, diabetes, infeksi HIV, kanker, kebiasaan merokok, efek samping obat-obatan tertentu, efek samping kemoterapi, luka di lidah, serta perubahan hormon di masa kehamilan adalah beberapa penyebab timbulnya sariawan (ulcer) di lidah. Lalu bagaimana sih meredakan sariawan di lidah? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Obat pereda nyeri

Satu buah sariawan yang berukuran kecil mungkin tidak begitu bermasalah. Namun jika lukanya besar dan ada lebih dari satu yang menyebar di dalam mulut, rasanya pasti perih berdenyut menyebalkan.

Supaya tidak makin sakit, kamu bisa minum obat pereda nyeri seperti paracetamol dan ibuprofen. Kedua obat ini ampuh untuk mengurangi rasa sakit akibat munculnya luka sariawan di lidah.

Kamu bisa membeli obat-obatan tersebut di toko obat, apotek, maupun swalayan tanpa harus menebus resep dokter. Meski begitu, pastikan kamu membaca cara pakainya dengan teliti. Gunakan obat sesuai dosis yang dianjurkan pada bungkus kemasan.

Jangan sungkan untuk bertanya langsung ke dokter atau apoteker bila kamu tidak paham cara pakainya.

2. Obat antibiotik atau antivirus

Ada banyak sekali faktor penyebab sariawan di lidah. Mulai dari lidah tergigit ketika makan, menyikat gigi terlalu keras, hingga infeksi bakteri atau virus.

Bila luka sariawan yang kamu alami akibat infeksi bakteri di lidah, maka dokter dapat meresepkan antibiotik. Sementara luka sariawan yang disebabkan karena infeksi virus dapat diobati dengan antivirus.

Kedua jenis obat sariawan di lidah ini hanya tersedia dengan resep dokter. Sembarangan minum antivirus dan antibiotik dapat menyebabkan efek berbahaya bagi tubuh. Oleh sebab itu, minum obat antivirus dan antibiotik sesuai dengan yang diresepkan dokter. Jangan menambahkan, mengurangi, atau bahkan menghentikan pengobatan tanpa seizin dokter.

3. Kumur dengan air garam

Garam dapur bisa jadi penyelamat kamu saat muncul sariawan yang membandel di lidah. Menariknya, khasiat garam untuk mengatasi berbagai gangguan mulut sudah diketahui sejak zaman nenek moyang terdahulu, lho! 

Garam dapat membasmi bakteri dan kuman jahat di mulut sehingga membantu meringankan peradangan di area yang terluka.

Cara membuat obat sariawan di lidah satu ini terbilang mudah. Kamu cukup mencampurkan setengah sendok teh garam dalam air hangat sampai larut. Kumur-kumur ke seluruh penjuru mulut selama 1-2 menit lalu buang airnya.

Kamu bisa berkumur air garam beberapa kali dalam sehari sampai sariawan mengecil atau menghilang. 

4. Madu

Madu adalah salah satu pilihan obat sariawan alami yang cukup ampuh. Caranya cukup dengan mengoleskan madu di atas sariawan tersebut.

Dilansir dari Prevention, madu memiliki sifat antiradang dan antibakteri yang bisa membantu mengurangi rasa perih sekaligus mempercepat proses pemulihan sariawan. Kesimpulan tersebut didapat dari penelitian asal Saudi Arabia terhadap 94 partisipan yang rutin mengoleskan madu pada sariawan di mulut mereka selama empat hari berturut-turut.

5. Kelapa

Kelapa diyakini mampu menjadi obat sariawan di lidah atau di bibir. Kelapa bekerja mencegah peradangan luka semakin memburuk sekaligus mengurangi rasa sakit yang timbul akibat sariawan. Kelapa juga diyakini dapat membantu menyejukkan suhu tubuh, yang pada beberapa kasus menjadi penyebab timbulnya sariawan.

Cara menggunakan kelapa sebagai obat sariawan alami sebenarnya cukup mudah. Campurkan madu dengan susu kelapa atau minyak kelapa, lalu oleskan ramuan tersebut di luka sariawan kamu. Ulangi sebanyak 3-4 kali dalam sehari, sampai sariawan mulai tampak mengempis.

6. Kompres dengan es batu

Apabila dalam beberapa hari sariawan tidak kunjung membaik dan terus membengkak, pengobatan dengan kompres es batu dapat ditempuh. Bungkus es batu menggunakan kain lembut, atau kamu bisa langsung mengulum es batu di bagian lidah hingga mencair sepenuhnya. Ulangi hal ini beberapa kali hingga sariawan sembuh.

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

Wakaf

10.000 Al-Quran

Persembahkan Pahala Amal Jariyahnya untuk Orang Tua dan Keluarga Tercinta.