Aturan Mencuci Wajah yang Benar dalam Sehari

Aturan Mencuci Wajah yang Benar dalam Sehari

Ilustrasi membersihkan wajah. Ils: gosip artis

Suaramuslim.net – Tahukah kamu jika mencuci muka dalam sehari ada aturannya, lho! Mencuci muka tak bisa sembarangan, karena jika sembarang kebersihan wajah kurang bersih dan masalah kulit justru tambah banyak.

Cara mencuci muka yang benar dan aturan dalam sehari

Mencuci muka pun sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering. Melakukannya dua hari sekali, pagi dan malam, pun sudah cukup.

Pada pagi hari setelah bangun tidur, mencuci muka akan membersihkan kotoran yang berpindah dari sarung bantal ke wajah.

Sementara itu, mencuci muka pada malam hari akan membersihkan kotoran setelah melakukan aktivitas seharian. Berikut cara mencuci muka yang benar.

1. Cuci tangan

Pastikan mencuci tangan terlebih dahulu. Meskipun akan terkena air dan sabun saat mencuci muka, namun kotoran yang menempel di tangan pun juga akan tercampur dengan sabun yang diusapkan ke wajah.

2. Bersihkan make up

Berpikir bahwa mencuci wajah dengan sabun sudah cukup untuk menghilangkan makeup? Kamu keliru.

Bersihkan wajah dengan menghilangkan makeup terlebih dahulu menggunakan cairan make up remover. Untuk makeup mata yang membandel seperti maskara dan eye liner, kamu bisa memakai cairan remover khusus dengan bahan dasar minyak.

3. Mencuci muka maksimal 2 kali dalam 1 hari

Lho, bukanya semakin sering mencuci muka itu bikin kulit wajah kita bersih?

Memang, tetapi ternyata semakin sering kita mencuci muka hal itu bisa bikin kulit muka kita kering.

Menurut Susan Bard, salah satu dermatologist di Mount Sinai Hospital New York, mencuci muka terlalu sering dapat mengangkat minyak alami yang berada di kulit kita untuk menjaga kulit tetap terhidrasi sempurna sehingga menjadi kering. Jadi, mencuci muka yang sangat disarankan adalah 1 atau 2 kali dalam satu hari sehingga tetap menjaga kelembapan kulit wajah.

4. Pilih sabun cuci muka yang sesuai dengan kebutuhan kulit

Mencuci muka tidak akan lengkap rasanya tanpa ditemani sabun yang menjadi favorit kita, tapi apakah sabun cuci muka kalian sudah tepat untuk skin concern kalian?

Sabun cuci muka yang tepat adalah berdasarkan dari skin concern kita, alasannya adalah kandungan pasti sudah dicocokan dengan kebutuhan kulit. 

Sebagai salah satu tips memilih sabun muka, apabila kulit kalian berjenis kering disarankan memakai sabun muka yang memiliki tekstur creamy dan untuk kulit yang cenderung berminyak disarankan memakai sabun muka yang memiliki tekstur gel.

5. Gunakan air hangat

Hindari menggunakan air panas untuk cuci muka. Pasalnya, air panas justru akan membuat kulit kamu kering dan rentan mengalami iritasi. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan air hangat suam-suam kuku untuk membersihkan wajah.

6. Gunakan pembersih wajah dalam bentuk gel atau cream

Sabun dapat menyebabkan kulit kering dan tidak bisa menghapus seluruh kotoran di wajah. Sabun yang terlalu keras untuk kulit akan mengangkat lapisan minyak alami kulit dan justru memperjelas garis-garis halus di wajah.

Sebagai gantinya, gunakan pembersih wajah berbentuk krim atau gel. Pembersih wajah jenis ini berfungsi membantu pengelupasan kulit, membersihkan sisa make up, serta pori-pori yang tersumbat.

7. Bersihkan wajah dengan gerakan memutar

Selanjutnya, ambil sabun pencuci wajahmu dan campur dengan sedikit air hingga berbusa. Aplikasikan pada wajah mulai dari jidat, pipi, hidung, dan dagu. Pijat lembut dengan gerakan melingkar.

Ingat, jangan gunakan tekanan terlalu keras dan jangan biarkan sabun terlalu lama berada di kulitmu. Bilas dengan air dingin untuk menutup pori-pori.

8. Akhiri dengan pengaplikasian skin care

Setelah mencuci wajah dengan benar, aplikasikanlah produk skincare mulai dari sunscreen, pelembap, serum, krim malam, dan

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

Wakaf

10.000 Al-Quran

Persembahkan Pahala Amal Jariyahnya untuk Orang Tua dan Keluarga Tercinta.