Bonding Time “Membayar” Waktu yang Hilang Bersama Anak

Suaramuslim.net – Tidak ada salahnya menjadi orang tua yang sibuk bekerja. Banyak orang tua yang melakukan hal ini untuk menunjang keperluan anak-anak mereka. Namun, tidak jarang karena terlalu sibuk bekerja terkadang orang tua lalai dalam mendidik anak sehingga semakin jauh dengan anak. Mulai dari kurangnya komunikasi membuat anak merasa tidak nyaman jika tidak disiasati dengan baik. Bahkan anak-anak merasa tidak diperhatikan dan kemudian tidak memiliki motivasi belajar yang tinggi.

Masa perkembangan anak tidak akan terulang dua kali. Oleh karena itu, sebagai orang tua kita perlu memerhatikan perkembangan anak di masa pertumbuhannya. Apalagi anak masih dalam masa golden age, yakni di usia 0-6 tahun. Pada masa itu anak menyerap berbagai hal mulai dari yang dilihat, didengar atau dirasakan. Masalah di atas tidak akan muncul selama orang tua memberi perhatian yang baik serta dapat mengatur waktu antara pekerjaan dan waktu bersama anak.

Waktu bersama anak sering kita kenal dengan istilah bonding time atau sering kami istilahkan dengan special time. Yaitu kebiasaan penting yang dapat mengurangi frekuensi tantrum anak, membuat relasi antara orang tua dan anak menjadi lebih hangat dan nyaman, anak jadi lebih mau mengikuti arahan orang tua. Idealnya, special time dilakukan rutin setiap hari, 10-30 menit saja untuk bermain berkualitas bersama anak. Namun sering kali timbul pertanyaan bagaimana kalau orang tua bekerja sampai larut malam jadi sulit punya waktu bermain yang konsisten atau istiqamah tiap hari bersama anak? Berikut beberapa tips “membayar” waktu yang hilang bersama anak:

Baca Juga :  Menjadi Orang Tua Bagi Generasi Digital

Main lebih lama bersama anak ketika weekend, 30 – 60 menit sudah sangat menyenangkan bagi anak. Kuncinya be present ya, tidak sibuk dengan hal lain termasuk urusan kerjaan atau beres-beres rumah.

Diusahakan setiap harinya tetap ada waktu sebelum dan sesudah makan malam 15-20 menit saja untuk bermain games yang mengundang tawa, bercengkerama santai dengan semua anak.

Gunakan minimal 5 menit saja setiap hari manfaatkan waktu sebelum tidur untuk bergumul peluk-pelukan sayang dengan anak.

Ayah bunda, jangan biarkan anak merasa sendiri atau kesepian di rumah karena Anda terlalu sibuk bekerja. Jangan pula memperlihatkan wajah lelah kepada anak, walaupun Ayah dan Bunda baru saja bekerja keras. Mari penuhi tangki emosi anak kita dengan bonding time atau special time untuk membayar waktu yang hilang bersama anak agar relasi orang tua dan anak tetap sehat, hangat, dan nyaman.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.