Budaya Jawa Timur Ini Harus Dikenal

73
Budaya Jawa Timur Ini Harus Dikenal

Suaramuslim.net – Tak hanya kaya dengan pariwisata, Indonesia juga diakui dan dikenal dengan keanekaragaman kekayaan budayanya yang sangat unik. Ada berbagai kepulauan dengan masing-masing kebudayaan. Jawa Timur misalnya, ada berbagai keragaman budaya Jawa Timur. Berikut keanekaragaman budaya di Jawa Timur.

Indonesia memang sebuah Negara yang terdiri atas bermacam-macam suku. Dengan keanekaragaman suku ini, Indonesia memiliki beragam budaya yang berbeda-beda di setiap daerah. Di Jawa Timur salah satunya, memiliki banyak keanekaragaman budaya mulai dari alat musik, tarian, bahasa, adat pernikahan, adat kematian, adat kelahiran, upacara-upacara, senjata tradisional, rumah adat, baju adat dan sebagainya.

Keragaman budaya ini menyebabkan latar belakang, pemikiran, prinsip, serta karakter masyarakat yang berbeda-beda juga. Ada masyarakat yang memiliki karakter keras, lembut, open mind, berprinsip, dan sebagainya. Tidak hanya sebatas itu saja, tradisi di Indonesia juga mencakup obat-obatan tradisional seperti jamu, ramuan Madura, ramuan Kalimantan, dan sebagainya.

Rumah Adat

Rumah adat Jawa Timur dinamakan Rumah Situbondo. Model rumah adat Jawa Timur ini terpengaruh dari rumah Madura. Rumah itu tidak mempunyai pintu belakang dan tanpa kamar-kamar pula. Serambi depan tempat menerima tamu laki-laki, sementara serambi belakang untuk menerima tamu perempuan.

Pakaian Adat

Pakaian adat yang dipakai pria Jawa Timur berupa tutup kepala (destar), baju lengan panjang tanpa leher dengan baju dalam warna belang-belang. Sepotong kain tersampir di bahunya dan memakai celana panjang sebatas lutut dengan ikat pinggang besar. Sedangkan wanitanya memakai baju kebaya pendek dengan kain sebatas lutut. Perhiasan yang dipakainya adalah kalung bersusun dan gelang kaki.

Tari-tarian Daerah Jawa Timur

Begitu banyak tarian daerah yang terdapat di Jawa Timur. Tari Remo misalnya, sebuah tarian dari Surabaya yang melambangkan jiwa kepahlawanan. Ditarikan pada waktu menyambut tamu agung.

Selain Remo, Jawa Timur juga memiliki kesenian lain yang disebut Reog Ponorogo. Reog Ponorogo merupakan tari daerah Jawa Timur yang menunjukkan keperkasaan, kejantanan, dan kegagahan.

Ada juga Tari Tandakan, adalah jenis tari pergaulan yang digali dan digarap berdasarkan tari tradisional yang berkembang di daerah Jombang, dan sekitarnya. Sebagai tari pergaulan maka tari ini bersuasana gembira dan berkesan akrab.

Adu Cepat Karapan Sapi

Ada juga pelombaan adu cepat sapi yang begitu popular di Jawa Timur, yaitu Karapan Sapi. Perlombaan pacu sapi ini berasal dari Pulau Madura, Jawa Timur. Pada perlombaan ini, sepasang sapi menarik semacam kereta yang dibuat dari kayu untuk tempat naiknya joki yang mengendalikan sepasang sapi itu. Trek pacuannya untuk perlombaan adu sapi ini sepanjang 100 meter.

Senjata Tradisional

Selain tarian, rumah adat dan pakaian adat, Jawa Timur juga memiliki senjata daerah. Senjata yang sangat terkenal di Jawa Timur adalah clurit. Clurit adalah sejenis arit dan bentuknya cukup mengerikan. Orang-orang Madura sering menyelipkan clurit di pinggangnya. Senjata lainnya di Jawa Timur adalah sondre, kaodi, tombak, pisau belati, dan arit bulu ayam.

Kontributor: Mufatihatul Islam
Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here