Begini Caranya Agar Terus Fit Saat Bekerja

0
20
Begini Caranya Agar Terus Fit Saat Bekerja

Suaramuslim.net – Bekerja dalam durasi waktu yang lama, memang menimbulkan efek yang tidak baik bagi kesehatan. Terlebih, jika terpaksa untuk melakukan lembur sebab pekerjaan kantor yang menumpuk. Artikel ini memberi beberapa cara agar terus fit saat bekerja.

Selain itu, jika aktivitas Anda di kantor didominasi oleh kegiatan duduk seharian yang tentu saja membuat organ sekitaran pinggul hingga punggung terasa begitu tidak nyaman. Terlebih jika berbagai pekerjaan juga menyita otak untuk berpikir. Anda tentu bertanya-tanya bagaimana caranya agar tubuh tetap merasa fit meski waktu seharian dihabiskan di kantor. Berikut beberapa tips yang perlu dicoba agar bekerja tetap fit.

Tentukan Batasan Waktu Duduk

Duduk dalam waktu yang lama dapat meningkatkan risiko memburuknya kesehatan. Kebiasaan duduk terlalu lama akan menyebabkan gangguan kesehatan. Laporan liputan6.com menunjukkan ada penyakit yang disebabkan oleh durasi waktu duduk yang terlalu lama. Misalnya, kolestrol tinggi, sakit pinggang, fleksibilitas tulang belakang, gangguan kaki hingga kerusakan saraf.

Untuk mengantisipasinya, Anda bisa membagi waktu batasan duduk dengan sesekali melakukan aktivitas lain yang bisa dilakukan selain di tempat duduk.

Sempatkan Waktu untuk Tidur Siang Singkat

Berdasar penelitian yang dilakukan oleh John Hopkins dari Hospital Sleep Disorder Center menyatakan bahwa tidur siang sangat memiliki manfaat meski dilakukan dalam waktu yang sangat singkat. “Tidur siang dapat meningkatkan kewaspadaan lebih besar, meningkatkan produktivitas, konsentrasi dan akurasi seseorang,” jelasnya.

Allah berfirman dalam surat Al-a’raf ayat ke-4

وَكَمْ مِنْ قَرْيَةٍ أَهْلَكْنَاهَا فَجَاءَهَا بَأْسُنَا بَيَاتًا أَوْ هُمْ قَائِلُوْنَ

yang artinya “Betapa banyaknya negeri yang telah Kami binasakan, maka datanglah siksaan Kami (menimpa penduduk)nya di waktu mereka berada di malam hari, atau di waktu mereka beristirahat di tengah hari.”

Ibnu Katsir rahimahullah dalam kitabnya mengatakan bahwa kata al-Qoilulah, berarti tidur tengah hari. Imam asy-Syaukani rahimahullah juga mengatakan hal yang sama. Namun, ada juga yang berpendapat, hanya sekedar istirahat di waktu tersebut lantaran panas yang berlebihan, tanpa dibarengi dengan tidur. (Tafsir Ibnu Katsir dan Fathul Qadir, surat al-A’rof: 4).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda, “Tidur sianglah kalian, sebab setan itu tidak tidur siang. (Hadis hasan. Lihat ash-Shahihah, no. 1647, Shahihul Jami’, no. 4431). Artinya, tidur siang ada Sunnah yang dicontohkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Lakukan Relaksasi dengan Yoga

Lakukan sedikit yoga saat Anda merasa penat dan stress pada pekerjaan. Lakukan selama 15 menit di kursi kerja untuk melemaskan otot-otot yang keram dan pikiran yang penat. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Evidence – Based Complementary and Alternative Medicine, seseorang yang melakukan gerakan yoga seperti, menekuk tubuh ke bagian depan, samping atau bawah sebanyak enam kali dengan bantuan napas penuh terbukti dapat mengurangi tingkat stress dan tekanan darah pada tubuh.

Sediakan Makanan Ringan Sehat

Dalam menyelesaikan pekerjaan kantor, terkadang Anda membutuhkan selingan cemilan agar lebih santai dan menikmati pekerjaan. Namun, tahukah Anda bahwa makanan ringan yang dikonsumsi saat bekerja  juga mempengaruhi produktifitas kerja. Sebuah study yang dituangkan dalam Jurnal Population Health Management menyebutkan bahwa dengan mengonsumsi makanan yang tidak sehat menyebabkan seseorang menjadi 66% kurang produktif.

Maka dari itu, konsumsilah makanan yang sehat sekaligus cemilan yang sehat. Karena itu akan berdampak kepada produktivitas kerja Anda. Pekerjaan di kantor adalah kewajiban yang harus dijalani. Kebutuhan tubuh yang sehat juga sangat diperlukan untuk menunjang hasil terbaik dalam pekerjaan. Saat kondisi tidak fit, tubuh akan cenderung lebih stress karena tidak dapat bekerja, tips diatas akan membantu Anda meminimalisir stress akibat jam kerja berlebih. Semoga bermanfaat. (muf/smn)