Lokasi Rumah Kos di Kebalen Kulon yang mengalami kebakaran cukup tertutup sehingga warga kesulitan menyelamatkan diri (foto: Antara Foto)

SURABAYA (Suaramuslim.net) – Dalam sehari pada Selasa (29/5) kebakaran yang cukup besar terjadi di dua lokasi di Kota Surabaya yakni di daerah Pandegiling Tengah sekitar pukul 11.00 WIB dan di Kebalen Kulon pada sekitar pukul 14.30 WIB.

Kebakaran di Pandegiling Tengah melalap 8 rumah petak yang berada di gang sempit pemukiman warga dan tidak menelan korban jiwa, sementara di Kebalen Kulon 2 nomor 9 sebuah rumah kos terbakar dan menelan 8 korban jiwa.

Menurut keterangan warga, kebakaran yang terjadi di Pandegiling akibat kompor gas yang tidak dimatikan kemudian meledak dan api menjalar ke rumah-rumah lain yang berdempetan.

Sementara menurut Kepala Dinas PMK Chandra Oratmangun kebakaran di Kebalen Kulon yang diduga akibat korsleting listrik menelan korban jiwa, karena jalur keluar telah terbakar dan warga terjebak di lantai dua.

“Penghuni kos kesulitan menyelamatkan diri karena ukuran kamarnya kecil, penghuni yang menyelamatkan diri meloncat dari lantai dua termasuk salah satunya ibu hamil dan mengalami patah tulang” ungkap Chandra dilansir dari Antara.

Baca Juga :  Kampung Pemulung di Keputih Terbakar, 43 Orang Mengungsi

Chandra menyebut begitu mendapatkan laporan terjadi kebakaran, pihaknya segera mengerahkan mobil pemadam kebaran dari lokasi terdekat.

“Begitu dapat laporan, awalnya mobil pemadam di setiap kecamatan terdekat menuju lokasi kebakaran, ketika mendengar lokasinya di kawasan padat penduduk dan apinya semakin membesar, kami tambah unitnya, sekitar 11 mobil untuk memadamkan api di Pandegiling” kata Chandra.

Sementara kebakaran di Kebalen pihaknya mengerahkan 9 mobil pemadam kebakaran dari Pos Pemadam Kebakaran di Pasar Turi dan Pegirikan.

“Namun ketika mobil datang, lantai dua sudah roboh” ujar Chandra dilansir dari Antara.

Beberapa korban selamat dirawat di RSUD Dr Soewandhi dan RS PHC Surabaya, sementara korban meninggal dunia masih diidentifikasi pihak kepolisian.

Reporter: Ahmad Jilul Qur’ani Farid
Editor: Muhammad Nashir

 

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.