Dari Maladewa sampai Malaysia Inilah 5 Pulau Menarik untuk Wisata Halal
Bangka Belitung di Indonesia.

Suaramuslim.net – Kepulauan Bangka-Belitung di Indonesia siap untuk bergabung dengan semakin banyak tujuan perjalanan halal friendly di seluruh dunia. Otoritas di provinsi tersebut berkomitmen untuk membantu hotel dan restoran mendapatkan sertifikasi halal.

Pasar muslim adalah salah satu sektor yang paling cepat berkembang dalam industri perjalanan, dan pulau-pulau Indonesia terlihat siap untuk bergabung dengan daftar tujuan yang ditandai dengan faktor-faktor relevan: dari pantai yang indah hingga ketersediaan makanan halal; pemandu wisata yang paham cara memasukkan jadwal shalat ke dalam rencana perjalanan; suite dan villa hotel yang menawarkan privasi lengkap; dan dekat dengan masjid lokal.

Dengan angka-angka dari Indeks Perjalanan Muslim Global Mastercard-Crescentrating 2018 yang memperkirakan bahwa demografis ini akan tumbuh menjadi 156 juta pengunjung secara global pada tahun 2020, masuk akal bahwa lebih banyak negara membuka jalan untuk pariwisata halal. Berikut ini lima tempat tropis untuk kamu masukkan dalam daftar wisata halal tahun ini.

Kepulauan Bangka-Belitung, Indonesia

Pulau-pulau tropis di Indonesia hampir sempurna keindahannya. Adapun Bali, merupakan destinasi wisata Asia pertama yang dinobatkan sebagai tujuan wisata terbaik dunia oleh TripAdvisor. Berikutnya, Provinsi Bangka-Belitung harus menjadi salah satu yang kamu pertimbangkan. Selain garis pantai alami yang dibumbui dengan batu granit yang dramatis, kamu bisa menikmati flora dan fauna alami yang menakjubkan. Begitu pula hamparan tanah luas tak berpenghuni. Apalagi, peluncuran Bangka Belitung sebagai tujuan wisata halal berarti bahwa, tak lama lagi, akan ada juga sejumlah hotel dan restoran bersertifikat halal untuk dinikmati wisatawan.

Baca Juga :  Penampakan Unik yang Hanya Ada di Dubai

Cocos Keeling Islands, Australia

Cocos Keeling Islands, Australia
Lepas pantai barat Kepulauan Cocos Keeling, Australia.

Ratusan meter pasir berpohon yang dikelilingi oleh perairan biru yang dipenuhi kehidupan laut menjadikan Kepulauan Cocos Keeling, di lepas pantai Australia Barat, pilihan terbaik bagi para pelancong yang mencari kesempurnaan pulau tropis. Merupakan rumah bagi pantai berbuih, ia dinobatkan sebagai pantai terbaik Australia pada tahun 2016. Tempat ini memiliki populasi mayoritas muslim, yang berarti kamu tidak harus pergi terlalu jauh untuk menemukan makanan halal atau memenuhi panggilan azan. Tempat ini juga merupakan surga bagi para pengamat burung, dengan burung tropis ekor merah dan kukuk bersayap kastanye langka yang disebut juga sebagai rumah pulau karang.

Pulau Rangali, Maladewa

Pulau Rangali, Maladewa

Pesawat terbang-air bersiap mendarat di Pulau Rangali, Maladewa

Terkenal karena pantainya yang putih dan kehidupan laut yang penuh warna, Maladewa adalah tujuan yang direkomendasikan bagi para pelancong muslim, dengan banyak pulau yang menawarkan akomodasi halal. Di pulau karang selatan, Conrad Maldives Rangali Island menawarkan vila-vila yang punya kolam renang lengkap dan privasi saat berjemur, serta minibar bebas alkohol dan fasilitas masjid. Habiskan hari-harimu bersantai di spa dengan pemandangan Samudera Hindia yang tenang. Jelajahi situs penyelaman di sekitarnya atau nikmati hidangan lezat, aman, bagi sebagian besar hidangan lokal, tidak termasuk daging babi atau alkohol.

Baca Juga :  Sepekan di Taiwan, Menyusuri Metropolis Taipei Hingga Pegunungan Eksotis di Taroko

Kenting, Taiwan

Kenting, Taiwan
Pantai Kenting di Taiwan

Taiwan menawarkan sensasi untuk semua rasa, dengan pasar malam yang ramai, sumber air panas alami, gunung, hutan, dan sejumlah besar restoran bersertifikat halal. Ada juga beberapa masjid yang tersebar di seluruh negeri, termasuk Masjid Agung Taipei yang menjulang tinggi. Tamasya menjadi mudah di sini karena sebagian besar landmark telah ditingkatkan fasilitasnya agar bisa mengakomodasi ruangan shalat dan fasilitas wudhu. Buat jalurmu langsung menuju Kenting di ujung selatan negara itu melalui pantai-pantai berpasir putih, jaringan gua yang menakjubkan, dan latar belakang tebing terjal, serta pasar malam yang ramai yang menampilkan kios-kios makanan halal.

Pulau Langkawi, Malaysia

Langkawi Island, Malaysia

Pantai Langkawi yang ramah bagi wisatawan muslim.

Dinobatkan sebagai tujuan utama bagi para pelancong muslim oleh Global Muslim Travel Index delapan tahun berturut-turut, kepulauan Malaysia menawarkan banyak pilihan wisata halal, dan Pulau Langkawi adalah salah satu pilihan terpopuler di negara ini berkat pantai berpasir dan pemandangan hutan hujan yang eksotis. Banyak resor mewah di Langkawi, memiliki menu dan suite halal dengan kolam renang pribadi atau bak mandi air panas di kamar. Untuk shalat Jumat, Masjid al Istiqua bisa jadi pilihan karena jaraknya dekat dari resor dan antar jemput bisa diatur.

Baca Juga :  Hotel-Hotel Ramah Muslim di Taiwan (2)

Nah, bagaimana? Kamu sudah tentukan mau melancong ke wisata halal yang mana? Bagikan juga pengalamanmu di sini ya!

Sumber: The National
Editor: Muhammad Nashir

2 COMMENTS

  1. Waaah ini keren buat kita kaum muslim utk berlibur sambil tadabur alam …

    Semoga Allah memberi saya kesempatan untuk melihat salah satu dr jutaan bahkan milyartan CiptaanNya yang luar biasa ini…Aamiin ya Robbal Aalamiin

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.