Delegasi Taliban Akan Temui PM Pakistan Imran Khan
Para anggota delegasi Taliban menghadiri pembicaraan damai multilateral Afghanistan di Moskow, 9 November 2018. (Foto: voaindonesia.com)

KABUL (Suaramuslim.net) – Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, Rabu (13/02), mengungkapkan bahwa delegasinya akan kembali bertemu dengan delegasi Amerika Serikat pada 18 Februari 2019 di Islamabad, ibu kota Pakistan. Pertemuan ini bagian dari percepatan diplomasi yang bertujuan mengakhiri perang 17 tahun di Afghanistan.

Mujahid menambahkan bahwa negosiasi ini tidak membatalkan putaran pembicaraan yang sudah disepakati pada 25 Februari di Qatar. Pembicaraan di Qatar akan berjalan sebagaimana yang direncanakan.

-Advertisement-

Delegasi Taliban juga akan bertemu dengan Perdana Menteri Pakistan, Imran Khan. Kami, kata Mujahid, akan membahas mengenai hubungan Pakistan dan Afghanistan.

Kendati mengatakan akan bertemu dengan tim negosiator AS, Mujahid tidak menentukan delegasinya juga akan menemui utusan khusus AS untuk Afghanistan, Zamaly Khalilzad. Khalilzad dijadwalkan mengunjungi Pakistan sebelum pembicaraan di Qatar.

Baik Taliban maupun Amerika Serikat mengatakan bahwa negosiasi antara keduanya mengalami kemajuan positif yang belum pernah terjadi sebelumnya. Sejumlah poin yang dapat membawa perdamaian Afghanistan berhasil disepakati.

Sumber: Reuters
Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.