Direktur SMRC: Pemilih PKS dan PDIP Paling Loyal

Direktur SMRC: Pemilih PKS dan PDIP Paling Loyal

Direktur SMRC Pemilih PKS dan PDIP Paling Loyal
Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) Djayadi Hanan saat memaparkan hasil survei SMRC (Dok Suaramuslim)

Jakarta (Suaramuslim.net) – Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) Djayadi Hanan mengatakan dalam hal basis suara pemilih PKS dan PDIP paling loyal dibandingkan dengan partai-partai lainnya. Ini disampaikannya dalam pemaparan hasil survei SMRC sepanjang Desember dengan judul “Tahun Politik 2018: Kekuatan Partai dan Calon Presiden”.

“Pemilih PKS dan PDIP paling loyal jika dibandingkan dengan partai-partai yang lain” ucapnya pada Selasa (02/01) di Kantor SMRC Jakarta.

Djayadi menyampaikan temuan ini dalam survei mereka bahwa sepanjang sejarah pemilu Indonesia sering terjadi peralihan pemilih dari satu partai ke partai lain (swing voter). Artinya masyarakat Indonesia seringkali bergonta-ganti pilihan partai politik sepanjang pemilu di Indonesia.

“Para pemilih masif pindah pilihan (pilihan partai) dari pemilu ke pemilu” tambahnya.

Namun menurutnya berbeda dengan partai PKS dan PDIP. PKS dan PDIP menurut temuan mereka memiliki basis massa yang konsisten dan peralihan pemilih mereka dari tahun ke tahun sangat jarang terjadi.

Sementara itu, dalam temuan survei SMRC lainnya. Para pemilih atau voter yang sering gonta ganti partai setiap pemilu terjadi pada Demokrat (51%), PAN (50%), PPP dan Hanura (47%), Gerindra (45%) dan Golkar (38%). Dari data tersebut terlihat jelas yang paling besar peralihan terjadi pada Demokrat sementara yang paling kecil ada di PKS (20 persen) dan PDIP (23%).

Reporter: Ali Hasibuan
Editor: Muhammad Nashir

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

newsletter-suaramuslim

Suara Muslim Newsletter

Informasi Terbaru di Inbox Anda

Kabar terkini dan penawaran menarik dari Suara Muslim. Newsletter dikirim via email. Ayo berlangganan, gratis!