Dubes Arab Saudi Serukan Indonesia Lebih Aktif Bantu Rohingya

230
Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Syaikh Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuhaibi dalam Kuliah Tamu di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya (Dok Suara Muslim / Fotografer: Ahmad Jilul QF)

SURABAYA (suaramuslim.net) – Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Syaikh Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuhaibi dalam Kuliah Tamu di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya pada Sabtu (7/10) menyerukan agar Indonesia lebih aktif dalam membantu Rohingya.

Syaikh Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuhaibi mengatakan Arab Saudi akan membantu Rohingya semampunya namun yang memiliki kapasitas lebih besar untuk membantu adalah Indonesia.

“Posisi Indonesia yang strategis dengan jumlah mayoritas muslim terbesar di dunia, dekat dengan Myanmar dan menjadi pendiri ASEAN seharusnya mampu membuat Indonesia berbuat lebih untuk Rohingya” kata Syaikh Osama.

Syaikh Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuhaibi menilai ada banyak hal yang belum dilakukan Indonesia dalam rangka membantu Rohingya.

“Indonesia perlu memberikan tekanan politik dan ekonomi kepada Myanmar, hal itu yang selama ini belum dilakukan oleh Indonesia” ujar Syaikh Osama.

Selain menyinggung soal Rohingya, Syaikh Osama juga menyampaikan keprihatinannya soal Dunia Islam secara umum. Umat Islam harus memperhatikan penderitaan umat Islam di Palestina, Suriah, Irak hingga Yaman, minimal membantu dengan do’a.

Baca Juga :  Amnesty International: Pembersihan Etnis Rohingya Masih Berlanjut

“Kita tidak dapat memungkiri bahwa umat Islam hari ini di seluruh dunia berada pada kondisi terlemah, Arab Saudi berkomitmen membantu umat Islam seperti yang dilakukan di Yaman bersama koalisi Negara-Negara Arab” pungkas Syaikh Osama.

Reporter : Ahmad Jilul Qur’ani Farid

Editor : Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here