Enaknya Ikut Mudik Bersama

Suaramuslim.net – Selain tiket transportasi umum yang ludes setiap kali mudik, tiket mudik bersama atau mudik gratis yang diadakan pemerintah, berbagai perusahaan maupun instansi tertentu biasanya juga ramai diburu.

Untuk Anda yang masih bingung menentukan pilihan, apalagi yang kehabisan tiket dan tidak ingin berlelah-lelah mengendarai kendaraan Anda ke kampung halaman yang jauh. Berikut ini beberapa alasan mengapa Anda patut memilih untuk mudik bersama:

  1. Hemat tenaga

Dengan mengikuti program mudik bersama tentu Anda tidak perlu repot-repot mengeluarkan tenaga untuk menyetir motor maupun mobil hingga kampung halaman. Apalagi jika jarak kampung halaman Anda sangat jauh dan membutuhkan waktu lama di perjalanan. Belum lagi dengan resiko kemacetan yang membuat waktu tempuh semakin lama dan Anda juga beresiko kelelahan.

  1. Hemat biaya

Ada dua tipe program mudik bersama yang biasanya diadakan, yaitu gratis dan membayar dengan harga yang sangat jauh lebih murah. Dua-duanya dipastikan akan membuat pengeluaran anda jauh lebih hemat bukan?

  1. Ajang silaturahim dengan orang–orang sedaerah asal

Program mudik bersama biasanya diklasifikasikan berdasarkan daerah tujuan, sebenarnya dengan transportasi umum pun Anda mungkin saja bertemu dengan orang–orang sedaerah asal. Namun yang mungkin berbeda adalah suasananya.

Baca Juga :  Tips Mudik Menggunakan Transportasi Umum

Biasanya sebelum berangkat mudik bersama Anda akan berkumpul di suatu tempat, mendengarkan pesan penyelenggara juga doa bersama, sehingga kesempatan untuk silaturahim dengan sesama jauh lebih besar. Belum lagi didukung dengan suasana yang nyaman di kendaraan karena Anda tidak perlu berdesak-desakan.

  1. Fasilitas kendaraan yang nyaman

Biasanya penyelenggara tidak ingin mengecewakan Anda yang ikut mudik bersama mereka. Fasilitas kendaraan yang digunakan seringkali dilengkapi dengan AC, atau bahkan toilet. Kendaraan pun sudah melalui seleksi dan pengecekan untuk memastikan semua berjalan dengan lancar.

  1. Tidak perlu berdesak-desakkan di kendaraan

Dapat dipastikan Anda tidak perlu berdiri dan baru dapat duduk setelah menunggu beberapa orang turun. Karena jumlah penumpang sudah ditentukan dan dibatasi oleh pihak penyelenggara tentu Anda tidak perlu berdesak–desakan baik dalam antrian maupun di kendaraan.

  1. Tidak perlu berebut tiket mudik

Salah satu kekhawatiran ketika mudik tiba adalah tidak kebagian tiket. Dengan mengikuti mudik bersama Anda bisa membuang kekhawatiran ini. Namun Anda juga perlu mencari tahu informasi tentang program mudik bersama. Biasanya beberapa orang justru mendapat tawaran untuk ikut mudik bersama.

  1. InsyaAllah tidak akan nyasar
Baca Juga :  Ini Beberapa Aktivitas Sosial Bagi Ortu & Anak Selama Pulang Kampung

Mudik dengan kendaraan pribadi ke rumah istri atau suami untuk pertama kali, biasanya Anda akan sibuk mencari rute yang paling mudah. Mungkin juga Anda mencari jalur alternatif untuk mengurangi resiko macet namun justru Anda kebingungan di jalan atau “nyasar”. Dengan mudik bersama insyaAllah Anda tidak perlu merasakan kekhawatiran ini karena ada seorang sopir professional bersama Anda.

  1. Dapat makan, minum dan bingkisan gratis

Hal menyenangkan lainnya dengan mengikuti program mudik bersama adalah oleh-oleh yang diberikan oleh penyelenggara. Hampir tidak ada penyelenggara yang tidak memberikan bingkisan, minuman, makanan atau kue untuk Anda berbuka selama di perjalanan atau dibawa pulang ke rumah.

  1. Turut mengurangi resiko kemacetan dan kecelakaan

Kemacetan dan kecelakaan selalu mewarnai lembar berita ketika mudik lebaran. Ini juga yang mendorong pemerintah untuk mengadakan program mudik bersama, bahkan program memulangkan kendaraan ke kampung halaman.

Demikian beberapa manfaat jika Anda mengikuti program mudik bersama. Semoga bermanfaat.

Kontributor: Siti Aisy
Editor: Oki Aryono

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.