Es Timun Melon Minuman Segar untuk Buka Puasa
Es timun melon. (Foto: kabaminangnews.blogspot.com)

Suaramuslim.net – Musim panas sebentar lagi tiba, cuaca terik dan panas akan menjadi pemandangan yang menemani aktivitas kita sehari-hari. Tidak terbayangkan betapa panasnya suhu pada siang hari. Kondisi udara yang panas, membuat tubuh kita cepat mengeluarkan keringat yang berakibat kurangnya cairan dalam tubuh. Apa yang terbayangkan dibenak kita, saat kita mengalami dahaga? Pasti, ingin minuman yang segar.

Kondisi ini juga akan kita alami saat menjalani puasa, tubuh tidak mendapat asupan gizi dan cairan dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Tubuh orang yang berpuasa akan merasakan lapar dan dahaga. Saat waktu buka tiba kebiasaan masyarakat Indonesia adalah mencari minuman segar penghilang dahaga serta yang dapat mengembalikan stamina.

Minuman buka puasa yang manis dan segar menjadi menu favorit masyarakat Indonesia. Berikut Resep Es Timun Melon yang segar sebagai menu minuman buka puasa yang menggoda.

Bahan:

  • 4 buah mentimun
  • 300 gram melon
  • 2 sendok teh selasih
  • 200 ml sirup melon
  • 850 ml air
  • 500 gram es batu
  • 1 sendok makan air jeruk nipis

Persiapan Membuat Es Timun Melon:

  1. Persiapkan beberapa bahan yang ada pada resep sebelum sajian ini dicampurkan bersama dengan bahan-bahan lainnya secara merata.
  2. Siapkan sebuah mangkuk dan masukkan air ke dalamnya jangan terlalu banyak. Lalu kemudian masukkan biji selasih ke dalamnya dan biarkan sajian ini mengembang dan nantinya akan berbentuk lendir pada sajian yang satu ini.
  3. Setelah mengembang maka masukkan biji selasih dalam wadah dan saring airnya dengan menggunakan saringan. Lalu buang air sebab ini tidak akan lagi kita gunakan.
  4. Selesai dengan persiapan di atas maka langkah selanjutnya yang akan dapat Kamu lakukan adalah dengan menyiapkan mentimun.
  5. Ambil timbun dan cuci terlebih dahulu. Pastikan Kamu mencuci sajian ini dengan menggunakan air bersih secara merata.
  6. Angkat sajian ini dan tiriskan dengan merata sampai airnya tidak menggenang dalam wadah. Lalu siapkan sebuah serutan dan gunakan alat ini untuk menyerut mentimun yang sudah disiapkan.
  7. Lakukan cara di atas pada mentimun yang masih ada. Lalu tampung dalam wadah dan sisihkan sajian ini sementara sebelum mencampurkannya bersama dengan bahan lainnya.
  8. Untuk melon, silakan belah terlebih dahulu melon menggunakan pisau sampai pada bulatan melon terdapat sisa belahan yang memudahkan Kamu mengambil bagian daging melon secara merata.
  9. Untuk mengeruk melon, Kamu bisa menggunakan kerukan buah dengan ukuran yang kecil. Tampung kerukan buah dalam sebuah wadah dan sisihkan sementara sebelum mencampurkannya bersama dengan bahan-bahan lainnya.

Cara Membuat Es Timun Melon:

  1. Untuk membuat sajian kali ini caranya cukup mudah dan sederhana. Silakan terlebih dahulu geprek es batu dan hancurkan dengan merata. Masukkan es batu yang sudah menjadi serpihan ke dalam wadah dan sisihkan sementara.
  2. Siapkan sebuah mangkuk dan campurkan ke dalamnya beberapa bahan seperti melon, timun dan biji selasih. Gunakan sendok agar lebih mudah membuat sajian yang satu ini.
  3. Langkah selanjutnya baru masukkan air jeruk nipis dan kucurkan secara merata. Untuk memudahkan menyaring air jeruk nipis bersama dengan bijinya, Kamu bisa menggunakan saringan dan lakukan dengan perlahan.
  4. Setelah itu, peras jeruk nipis dan sisihkan sebelum menambahkan bahan-bahan lainnya bersama dengan bahan ini secara merata.
  5. Lalu tuangkan sirup melon ke dalam sajian ini secara merata dan masukkan pula es batu dan tata dengan rapi. Lakukan cara yang sama ini pada sisa gelas yang masih ada bila Kamu memang membuat sajian ini dalam gelas-gelas terpisah.

Nah, setelah semua bahan tercampur, kemudian kocok sajian ini dengan menggunakan sendok sampai tercampur dengan merata dan semua bahan menyatu bersama. Kamu akan dapat menikmati sajian ini pada saat waktu berbuka puasa tiba nanti. Mengawali santap buka puasa dengan minuman segar akan semakin menceriakan waktu berbuka Kamu bersama dengan keluarga.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.