Fakta Wanita Memilih Bersahabat dengan Pria
Ilustrasi laki-laki dan perempuan (Ils: XPLAI/Dribbble)

Suaramuslim.net – Kalian pernah bingung mengapa kalian lebih nyaman bersahabat dengan pria? Atau kalian pernah merasa aneh saat melihat ada beberapa teman kalian memilih menjalin sahabat dengan pria? Manusia sejatinya secara gender dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu pria dan wanita.

Pria dan wanita memiliki karakter bawaan berbeda yang terbentuk secara alamiah atau karunia dari Tuhan. Manusia menjalin pertemanan sejak usia dini tetapi setelah menginjak remaja manusia mulai memiliki hubungan yang lebih intim dari sekdar teman yaitu sahabat. Saat remaja umumnya wanita bersahabat dengan sesama wanita dan pria bersahabat dengan sesama pria, standar ini telah ada sejak zaman dahulu dan masih terulang hingga zaman sekarang.

Salah satu alasan yang menjadi dasar dari terjadinya pola tersebut adalah unsur kesamaan di mana manusia cenderung merasa bahagia saat dapat berkumpul dan berinteraksi dengan individu yang memiliki ketertarikan terhadap hal yang sama. Tetapi tidak semua manusia memilih bersahabat dengan sesama jenis, ada beberapa di antara manusia yang dengan sengaja atau tanpa sengaja memilih menjalin persahabatan dengan lawan jenis hal ini disebabkan beberapa faktor.

Nah, ini beberapa alasan wanita memilih bersahabat dengan pria:

Perbedaan pandangan hidup

Ilustrasi cara berpikir pria dan wanita (Ils: viviane.co)
Ilustrasi cara berpikir pria dan wanita (Ils: viviane.co)

Manusia memiliki kecenderungan penasaran terhadap cara pandang manusia lain mengenai kehidupan. Wanita dan pria memiliki paradigma berbeda dalam memandang kehidupan. Itu menyebabkan timbulnya perasaan lebih menarik berbagi cerita dengan lawan jenis daripada berbagi cerita dengan sesama jenis. Saat wanita curhat atau bercerita pada sahabat prianya, si wanita akan mendapatkan pemahaman baru atau gambaran baru karena berbagi cerita dengan individu yang memiliki paradigma berbeda.

Pria memiliki selera humor yang lebih tinggi dari wanita

Laki-laki yang memparodikan kibasan rambut perempuan. (Foto: boredpanda.com)
Laki-laki yang memparodikan kibasan rambut perempuan. (Foto: boredpanda.com)

Saat bersekolah tentu kalian merasa jika teman lelaki lebih dapat mencairkan suasana kelas dari pada teman perempuan. Dalam pergaulan juga bergitu teman lelaki selalu dapat mencairkan suasana saat sedang berkumpul dengan humor-humor receh. Hal ini juga menjadi alasan mengapa wanita lebih senang bersahabat dengan pia, karena wanita suka mendengarkan humor dan pria suka membuat humor. Wanita merasa bersabat dengan pria lebih asyik dan bahagia karena pria memiliki sisi konyol yang tidak wanita miliki.

Pria tidak ribet

Ilustrasi perbandingan tas wanita dan pria. (Ils: Viviane.co)
Ilustrasi perbandingan tas wanita dan pria. (Ils: Viviane.co)

Pernah gak sih saat kalian telah merencanakan liburan dengan teman wanita kalian, tiba-tiba batal karena hal sepele seperti gak bisa pergi karena tidak punya baju baru, atau karena pacarnya melarang. Tentu saat kondisi demikian timbul perasaan “ribet banget yah mau pergi ke sini aja susah”.

Nah, ini kadang membuat wanita sendiri malas untuk bersabat dengan sesama wanita karena wanita cenderung ribet sedangkan pria lebih santai dan fleksibel. Saat pria telah membuat rencanakan sesuatu hal kemungkinan besar rencana itu pasti terlaksana. Seperti malam ini merencanakan untuk libur ke pantai maka besoknya pasti sudah berangkat. Karena pria tidak butuh banyak persiapan seperti wanita yang butuh baju baru, butuh make up yang cocok, dan sebagainya.

Keahlian dalam bidang yang berbeda

Ilustrasi beberapa profesi. (Ils: Ev/Dribbble)
Ilustrasi beberapa profesi. (Ils: Ev/Dribbble)

Wanita dan pria biasanya memiliki keahlian berbeda hal ini membuat mereka dapat saling melengkapi satu sama lain. Karena tidak dapat dipungkiri saat kita bersahabat dengan sesorang kita juga membutuhkan dia agar dapat diambil manfaatnya. Ini juga yang menjadi alasan mengapa wanita suka memiliki persahabatan dengan pria, karena wanita tidak bisa melakukan beberapa hal yang bisa dilakukan oleh pria sehingga memudahkan wanita untuk mencari orang yang dapat dimintai bantuan.

Jangan lupa, Islam mengingatkan agar pergaulan pria dan wanita berbeda jika bersahabat sesama jenis. Jangan sampai terjerumus dalam dosa dan zina. Karena nafsu selalu mengajak kepada keburukan. Gejolak syahwat seringkali sulit dikendalikan jika saling berdekatan. Jadi kalian harus paham mana batas-batas mana boleh mana tidak boleh dalam persahabatan pria dan wanita.

Kontributor: Riasatul Ummah
Editor: Oki Aryono

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.