Forum Perlemen Muslim Internasional Kokohkan Keberpihakan Pada Empat Isu Krusial

Forum Perlemen Muslim Internasional Kokohkan Keberpihakan Pada Empat Isu Krusial

Ketua Fraksi PKS Berharap Pers Indonesia Tumbuh Menjadi Pers yang Sehat
Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini (Foto: DPW PKS Jawa Barat)

JAKARTA (Suaramuslim.net) – Penyelenggaraan pertemuan International Islamic Forum of Parliaments (IIFP) ke-4 menghasilkan beberapa kesepakatan penting. Fraksi PKS DPR RI selaku tuan rumah mengucapkan selamat dan berharap hasil-hasil yang dicapai dapat memperkuat peran IIFP dalam memperkuat kerja sama antaparlemen dan dunia internasional.

Ketua Fraksi PKS, Jazuli Juwaini yang juga Wakil Ketua IIFP mengungkapkan bahwa ada empat poin yang dihasilkan pada pertemuan kali ini.

Pertama, IIFP akan terus memperluas keanggotaannya dengan aktif berkomunikasi dan berkirim surat resmi kepada anggota parlemen muslim.

“Khususnya di negara-negara yang bukan mayoritas muslim seperti Eropa dan Amerika. Hal ini dimaksudkan agar perspektif dan kontribusi IIFP semakin luas dan dirasakan dunia,” katanya melalui siaran pers kepada Suaramuslim.net, Rabu (19/2).

Kedua, anggota IIFP berkomitmen untuk mempromosikan dan menampilkan wajah Islam yang ramah, bersahabat, dan berkemajuan dalam interaksi dan peran-peran parlemen khususnya. Sehingga benar-benar mampu mewujudkan Islam yang rahmatan lil alamin.

Dan yang ketiga, ia menyebutkan bahwa melalui peran-peran parlemen, IIFP terus mendorong upaya perdamaian dunia di wilayah-wilayah yang berkonflik serta menunjukkan keberpihakan dan kepedulian atas permasalahan kemanusiaan universal yang menimpa masyarakat dunia.

“Terutama kepada masyarakat dan bangsa yang tertindas seperti di Palestina, Rohingya, dan Uighur,” paparnya.

Lalu yang terakhir, Jazuli mengungkapkan bahwa IIFP mendorong agenda perbaikan atau reformasi pemerintahan dan pelayanan publik juga pelestarian lingkungan yang berorientasi pada pemenuhan kesejahteraan dan pencapaian kemajuan peradaban di negara masing-masing dan dunia internasional.

“Dalam hal ini, anggota IIFP berusaha menjadi yang terdepan (menjadi teladan) dalam mewujudkannya melalui peningkatan profesionalitas dan akuntabilitas kinerja parlemen,” pungkasnya.

Reporter: Teguh Imami
Editor: Muhammad Nashir

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

newsletter-suaramuslim

Suara Muslim Newsletter

Informasi Terbaru di Inbox Anda

Kabar terkini dan penawaran menarik dari Suara Muslim. Newsletter dikirim via email. Ayo berlangganan, gratis!