Gantikan Yusuf Qardhawi, Dr Al-Raisuni Jadi Ketua Persatuan Ulama Sedunia 

36
Gantikan Yusuf Qardhawi, Dr Al-Raisuni Jadi Ketua Persatuan Ulama Sedunia 
Dr Ahmad Abdul Salam Al-Raisuni terpilih menjadi ketua International Union of Muslim Scholars (IUMS) atau Persatuan Ulama Islam sedunia yang berpusat di Qatar, pada Rabu (7/11) yang berlangsung  di Istanbul, Turki. (Foto: IUMS)

ISTANBUL (Suaramuslimnet) – Ulama Maroko Dr Ahmad Abdul Salam Al-Raisuni terpilih menjadi ketua International Union of Muslim Scholars (IUMS) atau Persatuan Ulama Islam Sedunia yang berpusat di Qatar, pada Rabu (7/11) yang berlangsung Istanbul, Turki.

Dr. Al-Raisuni terpilih dengan mendapat 93.4% suara dalam pemilihan yang dihadiri oleh ratusan anggota IUMS dari seluruh dunia.

-Advertisement-

“Syaikh Ahmad Abdulsalam Raisuni terpilih menjadi ketua IUMS dengan perolehan suara 93 persen yang diikuti oleh ratusan anggota IUMS,” tulis akun Twitter resmi milik IUMS @iumsonline.

Acara pemilihan ketua baru merupakan acara puncak dalam sidang umum IUMS yang sudah berlangsung sejak hari Sabtu (3/11). Sidang tersebut juga memilih empat orang tokoh dari berbagai negara yang menjadi wakil ketua IUMS yakni, Syeikh Esham Basyir yang berasal dari Sudan (89.9%), Syeikh Khairuddin Qahraman dari Turki (88.3%), Syeikh Salim Segaf al-Jufri dari Indonesia (88.3%) dan Syeikh Ahmad al-Khalili dari Oman (75.5%).

Dr. Al-Raisuni adalah ulama yang pakar di bidang Maqashid Syariah. Ia lahir tahun 1953 di daerah Larache Sultan, Maroko. Gelar pertamanya ia dapatkan di bidang Hukum Islam dari Universitas Al-Qarawiyyin pada tahun 1978. Kemudian ia menyelesaikan studi pascasarjana di Rabat’s Mohammed V University dan memperoleh gelar Master pada tahun 1989 dan PhD di universitas tersebut.

Baca Juga :  Syeikh al-Qaradhawi dan Warisannya

Dr. Al-Raisuni menjabat kepala gerakan Attawhid Wal Islah (Persatuan dan Reformasi) yang berbasis di Maroko dari tahun 1996 hingga 2003. Dirinya juga menjabat sebagai penasehat akademik di Institut Pemikiran Islam Internasional (The International Institute of Islamic Thought/IIIT) di Aemrika Serikat.

Reporter: Ali Hasibuan
Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.