BLITAR (Suaramuslim.net) – Program Syukuran Qurban Global Qurban Aksi Cepat Tanggap menjangkau ke wilayah yang mengalami bencana kekeringan, tepatnya di desa Gunung Gede, kecamatan Wonotirto Blitar Jawa Timur.

Di daerah ini mayoritas penduduknya adalah masyarakat prasejahtera dengan pekerjaan sebagai petani. Di saat musim kekeringan yang melanda hampir seluruh wilayah Jawa Timur, memperparah kondisi masyarakat, karena langkanya air bersih.

Berkolaborasi dengan Ikatan Alumni Delapan Empat (IKADAPAT), SMA Negeri 1 Blitar, Global Qurban ACT menyalurkan hewan kurban untuk dinikmati bersama warga dengan agenda Syukuran Qurban pada tanggal 13 Agustus 2019. Acara ini juga dihadiri oleh Muspika Kecamatan Wonotirto Blitar.

Warga terlihat sangat antusias saat penyembelihan hewan kurban, lalu memasak menu andalan saat kurban untuk dinikmati bersama.

“Alhamdulillah, ada kurban dilaksanakan di desa ini di saat musim kekeringan begini. Sawah-sawah kesulitan untuk mendapatkan air sehingga pengairan jadi susah, jadi penduduk terbiasa makan seadanya tanpa memperhatikan kebutuhan gizi.” Ucap Pak Adi Prayitno, salah satu perangkat Desa Gunung Gede.

Baca Juga :  Respon Tsunami di Pesisir Palu, ACT Berangkatkan Tim Rescue

Dipo Hadi dari Head Of Program ACT Jawa Timur menyatakan, salah satu sasaran dari penyaluran hewan kurban Global Qurban ACT di Jawa Timur adalah daerah kekeringan, daerah prasejahtera, dan rawan gizi.

“Harapan kami kegiatan ini memberikan manfaat bagi masyarakat,” katanya.

Pada Iduladha 2019 ini, Global Qurban-ACT Jatim telah mendistribusikan lebih dari 1.000 hewan kurban ke seluruh penjuru Jawa Timur, yakni Banyuwangi, Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Madiun, Trenggalek, Ponorogo, Nganjuk, Jombang, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Gresik dan wilayah Madura di Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep.

Sumber: ACT
Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here