Hasil Survei Pemilu 2019, Pengamat: Akan Banyak Serangan Fajar
Yayan Sakti Suryandaru memaparkan analisa saat konferensi pers rilis hasil Survei Surabaya Survey Center, Rabu (9/1/19) di Surabaya.

SURABAYA (Suaramuslim.net)Surabaya Survey Center (SSC) merilis hasil surveinya kepada publik, Rabu (9/1/2019) di Hotel Yellow Surabaya. Dalam hasil yang dirilis, Yayan Sakti Suryandaru selaku pengamat mengomentari tentang hasil survei Pilpres, Pileg dan Pilwali Surabaya 2020 itu.

“Saya melihat pilpres ini sangat berpengaruh dalam elektabilitas pasangan, namun dampak negatifnya, masyarakat akan terpusat pada pilpres tetapi lupa akan pemilihan legislatif maupun DPD,” ujarnya.

Menurut Yayan, pileg pun akan berdampak terhadap hal di atas karena pemilihan capres maupun pileg nantinya akan dilangsungkan secara bersamaan.

“Saya menduga masyarakat akan kesulitan memilih legislatifnya karena bersamaan, sekaligus saking banyaknya pilihan akan kesulitan dalam mengingat calonnya,” katanya.

Maka nanti serangan fajar saat hari pencoblosan akan meningkat, akan banyak money politics yang beredar.

“Nanti sepertinya hal yang terjadi adalah serangan fajar atau money politics, karena saking banyaknya dan masyarakat tidak bisa mengingat satu persatu, maka money politics adalah hal yang dilakukan,” pungkasnya.

Reporter: Teguh Imami
Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.