Sebaiknya Tahu, Inilah Tips Mencegah Kanker Serviks

42
Sebaiknya Tahu, Inilah Tips Mencegah Kanker Serviks

Suaramuslim.net – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat, tiap tahun sekitar 15.000 kasus kanker serviks (leher rahim) ditemukan di Indonesia. Indonesia menjadi negara dengan jumlah kasus kanker serviks tertinggi di dunia. Lalu apa yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit paling mematikan di dunia itu?

Kanker serviks ditandai dengan tumbuhnya sel-sel tidak normal pada leher rahim. Diperkirakan 90 persen kanker leher rahim disebabkan human papillomavirus (HPV). HPV menyerang kulit dan membran mukosa pada manusia dan hewan. Diambil dari faktakanker.com berikut beberapa cara mencegah kanker serviks.

1. Melakukan Pap Smear

Cara mencegah kanker serviks yang paling umum adalah dengan melakukan tes pap smear. Pap smear adalah alat skrining untuk mendeteksi adanya kanker serviks. Wanita seharusnya mulai melakukan tes mencegahan kanker serviks sejak berusia 21 tahun. Wanita yang berusia 21 hingga 29 tahun setidaknya menerima tes pap smear setiap 3 tahun.

2.  Melakukan Suntik Vaksin HPV

Vaksin HPV adalah vaksin yang tidak hidup akan tetapi tetap melindungi. Memberikan vaksinasi secara rutin sangat dianjurkan bagi anak perempuan yang berusia 11 atau 12 tahun.

3. Berhenti Merokok

Merokok juga salah satu penyebab dari kanker serviks. Berhenti merokok atau menghindari asap rokok merupakan salah satu cara untuk mencegah kanker serviks. Bahaya rokok yang bisa menyebabkan kanker termasuk kanker serviks adalah karena adanya zat yang terkandung dalam rokok terdapat ribuan zat kimia yang bisa membahayakan kesehatan.

4. Tidak berganti-ganti pasangan dalam hubungan intim

Dengan berganti pasangan hubungan seksual bisa beresiko besar atas penularan terhadap virus hpv. Penularan virus hpv bisa terjadi jika organ intim bertransmisi satu dengan lainnya jika salah satu diantaranya terinfeksi virus tersebut.

5. Hidup Sehat

Gaya hidup sehat akan jauh lebih baik dari pada hidup yang tidak teratur. Selain menjaga kesehatan, memiliki gaya hidup yang sehat hari dengan memakan makanan sehat kaya akan serat dan vitamin serta melakukan olahraga secara teratur akan dapat meningkatkan kekebalan pada tubuh dengan memenuhi nutrisi untuk tubuh dengan baik yang mengurangi resiko terserang dari segala penyakit.

6. Menggunakan Alat Kontrasepsi

Nah ini wajib di lakukan agar memberikan efek pencegahan yang efektif karena dapat menghindari dari infeksi virus HPV. Kontak langsung saat berhubungan akan menambah risiko terkena infeksi virus HPV yang merupakan penyebab utama kanker serviks yang harus diwaspadai.

7. Cara Mencegah Kanker Serviks Dengan Pendekatan Agama

Kesetiaan pada pasangan dan taat agama tidak pindah-pindah pasangan sangat penting untuk menghindari kanker serviks. Agama harus di jadikan tameng untuk memberantas penularan virus HPV, karena kanker serviks merupakan jenis kanker yang paling banyak membunuh di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Cara Mengatasi Kanker Serviks

Berikut di bawah ini kita akan membahas satu per satu rekomendasi pengobatan medis para penderita kanker serviks.

Operasi Pengangkatan. Untuk mengobati kanker serviks pada wanita secara medis, langkah yang akan pertama kali dokter bakal tawarkan adalah operasi pengangkatan rahim beserta kandungan. Prosedur ini yang kita kenal dengan istilah histerektomi, yaitu pengangkatan rahim ini akan dilanjutkan dengan membersihkan bilaterial kelenjar di bagian panggul.

Pelvic Exenteration adalah cara berikutnya setelah operasi pengangangkatan. Prosedur pengobatan ini ada dua tahapan yang para pasien harus lewati, yakni:

  • Tahap pertama – Pengangkatan kanker akan dilakukan di waktu yang sama dengan bagian bawah usus, vagina, kandung kemih serta rektum.
  • Tahap kedua – Stoma atau dua lubang bakal dibentuk di bagian perut sehingga kotoran dan urin bisa dikeluarkan dari tubuh. Kotoran tersebut bakal dokter masukkan ke kantong colostomy atau kantong penyimpanan setelah dibuang.

Radiopartikel merupakan pengobatan yang juga dapat menjadi pilihan. Ini merupakan upaya penghambat perkembangan sel kanker akan dihambat dengan teknologi. Pada prosedur ini, biji partikel dengan luas 1,7 cm akan digunakan dan dari biji inilah akan terpancar sinar gamma yang hanya akan mengancurkan sel kanker.

Radioterapi Kanker Serviks merupakan cara pengobatan medis lainnya yang juga sudah cukup sering dipilih dan digunakan oleh para penderita kanker serviks. Biasanya, dokter akan memberikan radiasi setelah menyesuaikan dengan stadium tumor, tipe tumor tersebut, luas serta ukurannya juga.

Kemoterapi Kanker biasanya dilakukan khusus bagi yang sudah mengalami kanker serviks stadium 4 atau akhir, kemoterapi adalah pengobatan yang perlu ditempuh supaya penyebaran kanker dapat ditahan dan diperlambat serta agar gejala yang timbul dapat dikurangi. Inilah yang kita bisa sebut dengan istilah kemoterapi paliatif. (yet/smn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here