Jelang Kedatangan Calon Jemaah Haji, Nyamuk di Asrama Haji Surabaya Diberantas
Petugas KKP sedang bersiap untuk melakukan pengasapan di lingkungan Asrama Haji Surabaya, foto: Teguh Imami/Suaramuslim.net

SURABAYA (Suaramuslim.net) – Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Surabaya melakukan pengasapan atau fogging. Kegiatannya dilakukan di lingkungan Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Rabu (3/7).

Aktivitas fogging dilakukan belasan petugas KKP Kelas I Surabaya sejak pukul 09.30 WIB. Mereka menyasar setiap sudut ruangan dan bangunan atau hall di area dalam asrama yang ditengarai menjadi sarang vector (nyamuk dan lalat).

Kabag Pengendalian Risiko Lingkungan KKP Kelas I Surabaya Mulyo Arianto mengatakan, fogging dilakukan sebelum kedatangan para calon jemaah haji di asrama. Tujuannya menghindari adanya penyakit yang ditimbulkan dari kondisi lingkungan asrama.

“Jadi fogging tersebut adalah serangkaian pemeriksaan kesehatan lingkungan. Salah satunya pemberantasan vector,” kata Mulyo di Asrama Haji Sukolilo saat ditemui Suaramuslim.net.

Selain fogging, upaya pemeriksaan juga dilakukan pada petugas penyaji makanan. Petugas melakukan penyuluhan bagaimana memasak dan menyajikan makanan yang sehat dan bersih untuk para jemaah haji.

KKP juga bekerja sama dengan Puskesmas dari beberapa kecamatan. Mereka akan melakukan pemeriksaan kesehatan kepada para calon jemaah haji. Pemeriksaan dilakukan pada hari H kedatangan jemaah haji atau pada 6 Juli mendatang.

Baca Juga :  Badan Pengelola Keuangan Haji Siapkan Penyelenggaraan Haji 2019

“Aturan internasional tentang kesehatan layak terbang, sudah ada. Kami hanya akan memverifikasi saja. Sehingga para jemaah dapat dinyatakan layak terbang,” papar Mulyo.

Reporter: Teguh Imami
Editor: Muhammad Nashir

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.