Jokowi Instruksikan Kantor dan Fasilitas Publik Yang Rusak di Wamena Segera Direhab
Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengakui bahwa sembilan orang warganya telah meninggal dalam insiden kericuhan yang terjadi pada Senin (23/9) di Wamena, Papua. (Foto: Istimewa)

JAKARTA (Suaamuslim.net) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk segera merehabilitasi kantor-kantor pemerintah dan fasilitas publik yang rusak akibat kerusuhan yang terjadi di Wamena, Papua, beberapa waktu lalu.

Untuk itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pihaknya akan bekerja sama dengan TNI, agar bisa lebih cepat karena ini kerusakannya cukup masif.

“Ada 10 kantor pemerintah yang rusak berat, seperti kantor Sekretariat Daerah, kantor Badan Pengelola Keuangan, kantor Bappeda, kantor Inspektorat, Dinas Informasi dan Komunikasi, kantor Satpol PP, kantor Badan Lingkungan Hidup, PLN, Kantor Urusan Agama, dan Dinas Perhubungan. Itu yang rusak berat,” kata Basuki kepada media, Jakarta, Selasa (8/10).

Kemudian yang rusak ringan, menurut Menteri PUPR, ada 34; 8 kantor dan 26 sarana pendidikan. Sehingga total untuk kantor ada 44. Kemudian untuk ruko atau tempat usaha ada 450 ruko yang rusak terbakar, kemudian rumah ada 165.

“Itu semua perintah bapak presiden tadi agar ditangani, termasuk rumah akan ditangani oleh Kementerian PUPR kemudian pelaksanaannya nanti pasti mengikutkan pengusaha lokal, material lokal, dan juga pelaksananya juga dibantu oleh TNI,” ungkap Basuki.

Baca Juga :  Jokowi Perkenalkan Tiga Kartu Sakti di Karawang

Menurut Menteri Basuki Hadimuljono, sekarang ini sudah mulai dilakukan pembersihan. Menko Polhukam, Panglima TNI, Kapolri, Dirjen dari PUPR dan beberapa menteri juga ada di Wamena untuk menindaklanjuti perintah Presiden ini.

“Ini yang kami laporkan tadi sudah mulai ditangani, mudah-mudahan akan lebih cepat,” ucap Basuki.

Reporter: Ali Hasibuan
Editor: Muhammad Nashir

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.