Jumat Ini Arab Saudi Buka Stadion Untuk Penonton Wanita

Jumat Ini Arab Saudi Buka Stadion Untuk Penonton Wanita

Jakarta (Suaramuslim.net) – Pemerintah Arab Saudi berencana akan membuka stadion olahraga untuk wanita pertamakalinya di januari 2018. Kini wanita-wanita di arab Saudi  sudah bisa menikmati pertandingan olahraga sebagaimana kaum laki-laki di arab saudi pada umumnya.

Sebagaimana yang dilansir oleh Saudigazette, pada Jum’at tanggal 12 Januari 2018 wanita di Arab Saudi sudah dapat menyaksikan pertandingan sepakbola antara klub Al-Ahli melawab Al-Batin untuk pertamakalinya.

-Advertisement-

“Pertandingan pertama yang akan diizinkan untuk wanita (menonton) adalah Al-Ahli versus Al-Batin pada hari Jumat (12/12),” kata Kementerian Kebudayaan dan Informasi dalam sebuah pernyataan.

Bahkan untuk selanjutnya kaum wanita di Saudi juga sudah diperbolehkan untuk menonton pertandingan kedua dan ketiga yang akan digelar pada 18 januari 2018. untuk pertandingan kedua akan dilaksanakan di Jeddah dan yang ketiga di kota timur Dammam.

Pada bulan Oktober tahun lalu, General Sports Authority (GSA) yang merupakan otoritas olahraga di Saudi mengeluarkan keputusan bahwa pada awal 2018 tiga stadion yang dulunya hanya untuk laki-laki, telah siap menampung para penonto yang membawa keluarga termasuk istri-sitri mereka. Fasilitas itu termasuk alokasi tempat khusus untuk tempat duduk dan pintu masuk.

Ketiga stadion tersebut adalah stadion King Fahd International Stadium di Riyadh, Raja Abdullah Sports City di Jeddah, dan Stadion Pangeran Mohammed Bin Fahd di Dammam.

Kebijakan-kebijakan terbuka kerajaan Arab Saudi ini menjadi keputusan yang sangat penting bagi pemberdayaan wanita di Arab Saudi. Sebelumnya pada bulan Desember Pemerintahan Arab Saudi juga telah mencabut larangan berpuluh tahun beroperasainya bioskop di negara tersebut.

Reporter: Ali Hasibuan
Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.