Selenggarakan Oase Bangsa, Radio Suara Muslim Ajak Umat Peduli Pemilu
KH Salahuddin Wahid dalam Oase Bangsa di Kuno Kini Cafe & Resto 20/02/2019. (Foto: Suaramuslim.net)

Baca Keislaman Negeri Muslim (4)

Suaramuslim.net – Indeks Keislaman Hak Asasi Manusia dan Politik menunjukkan upaya untuk mengukur tingkat hak asasi manusia dan politik di 286 negara. Itu menggunakan ukuran yang spesifik untuk hak sipil dan politik, hak perempuan dan hak-hak lain, risiko politik, dan pencegahan genosida yang dapat dilihat pada variabel berikut.

Bidang hak sipil dan politik meliputi sub kategori; (a) indikator hak sipil dengan proxy pengukuran indeks kemerdekaan atau kebebasan; (b) indikator hak politik dengan proxy pengukuran indeks kemerdekaan.

Bidang hak perempuan meliputi sub kategori; (a) hak perempuan dengan proxy pengukuran; proporsi (%) kursi di DPR untuk kaum perempuan, jumlah kursi (%) untuk perempuan di dalam DPD (Senat); jumlah menteri perempuan; berapa lama perempuan memperoleh hak pilih.

Bidang hak-hak lain meliputi sub kategori indikator kebijakan pelayanan militer dengan proxy pengukuran; penggunaan wajib militer untuk memperoleh personil militer.

Bidang risiko politik meliputi sub kategori risiko politik dengan proxy pengukuran; risiko politik –PRC group- country risk.

Bidang pencegahan genosida meliputi sub kategori perlindungan genosida dengan proxy pengukuran; UN HDI, konvensi internasional untuk pencegahan genosida dan penghukuman terhadap pidana genosida.

Baca Juga :  Zuhud: Bukan Lari dari Dunia

Indeks Keislaman Hubungan Internasional

Indeks Keislaman Hubungan Internasional adalah upaya merekam hubungan sebuah negeri dengan komunikasi global dalam kaitan dengan beberapa bidang seperti sumbangsih lingkungan, globalisasi, perjanjian militer, dan risiko negeri secara menyeluruh.

Bidang indeks kinerja lingkungan meliputi sub kategori indeks lingkungan dengan proxy pengukuran kesehatan lingkungan, mutu air, sumber air, sumber alam produktif, habitat dan keanekaragaman hayati, energi berkelanjutan.

Bidang indeks globalisasi meliputi sub kategori; (a) indeks globalisasi ekonomi dengan proxy pengukuran indeks globalisasi dan pembatasan; (b) indikator globalisasi sosial dengan proxy pengukuran kontak pribadi, aliran informasi, kedekatan budaya; (c) indikator globalisasi politik dengan proxy pengukuran indeks globalisasi politik.

Bidang militer meliputi sub kategori (a) indikator proporsi anggaran militer dengan proxy pengukuran (pengeluaran militer dalam % dari GDP atau kekuatan total tentara) dan indeks kekuatan tentara; (b) indikator anggaran militer dengan proxy pengukuran anggaran militer dalam % dari GDP atau personil militer dalam % dari kekuatan tenaga kerja keseluruhan.

Bidang risiko negeri keseluruhan meliputi sub kategori risiko negeri dengan proxy pengukuran indeks risiko negeri keseluruhan.

Baca Juga :  Spiritual Tanpa Spiritualitas

Bersambung Keislaman Negeri Muslim (6)

Disarikan dari buku Memadukan Keislaman dan Keindonesiaan; Esai-esai Kebangsaan karya KH. Salahuddin Wahid, penerbit Pustaka Tebuireng: 2017.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.