Kinerja PLN dan Pertamina Buruk, KAMMI Minta Jokowi Ganti Rini Soemarno
Menteri BUMN (Kanan) bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla (Foto: Istimewa)

JAKARTA (Suaramuslim.net) – Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) meminta Presiden Joko Widodo mencopot Rini Soemarno dari jabatannya sebagai Menteri BUMN.

Menurut KAMMI terjadinya pemadaman listrik PLN Jakarta-Jabar-Banten serta tumpahnya minyak dari proyek PHE ONWJ di perairan Karawang menjadi pertanda buruknya kinerja Rini sebagai Menteri BUMN.

“Kami meminta Pak Jokowi untuk mencopot Bu Rini Soemarno sebagai Menteri BUMN, karena masalah-masalah seperti padamnya listrik dan tumpahnya minyak di Karawang bukan sekadar teknis tapi juga buruknya tata kelola BUMN yang dibawahi bu Rini,” kata Ketua Umum KAMMI Irfan Ahmad Fauzi dalam rilis yang diterima redaksi Suaramuslim.net, Selasa (13/8)

Lebih lanjut menurut Irfan, Presiden Jokowi tidak harus menunggu penyusunan kabinet yang baru untuk mengganti Menteri BUMN Rini Soemarno.

“Penggantian Bu Rini ini adalah kebutuhan mendesak untuk memperbaiki BUMN kita. Jangan tunggu sampai pelantikan kabinet baru karena satu hari saja PLN mati seperti kemarin bisa merugikan triliunan rupiah,” ungkapnya.

Selain itu, menurut Irfan pihaknya juga berencana akan melaporkan kerugian yang diterimanya ke Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI).

Baca Juga :  KAMMI: Awasi Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf, Tolak Bagi-bagi Kekuasaan

“Nanti kami beserta korban lainnya akan melaporkan kerugian yang kami terima atas terjadinya insiden pemadaman listrik dan minyak di Karawang ini,” tambah Irfan.

Menurut Irfan untuk memperbaiki tata kelola BUMN serta memberikan rasa keadilan kepada korban terdampak, pihaknya meminta;

1. Pertamina dan PLN segera bertanggungjawab penuh atas kerugian korban tumpahan minyak di Karawang dan pemadaman listrik.

2. Pertamina dan PLN untuk memberikan penjelasan kepada mayarakat baik dari segi penyebab dan langkah penanggulangan secara transparan.

3. Presiden Joko Widodo untuk segera mencopot Rini Soemarno dari jabatannya sebagai menteri BUMN karena terbukti gagal mengelola BMUN.

Reporter: Ali Hasibuan
Editor: Muhammad Nashir

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.