Langkah Efektif Menyimpan Bumbu Dapur Agar Awet

0
46
bumbu dapur, agar bumbu dapur awet, simpan dalam freezer

Suaramuslim.net – Memiliki dapur yang bersih dan rapi sudah pasti menjadi impian setiap orang. Menjaga agar area dapur tetap cantik bukanlah hal mudah. Setiap hari dapur perlu dibersihkan dari kotoran-kotoran setelah memasak.

Ternyata selain membersihkan dapur, menyimpan bumbu dapur juga akan berpengaruh pada tampilan dapur. Bumbu dapur yang tersimpan baik juga akan membuat dapur tetap terjaga kebersihannya.

Perhatikan Hal Berikut Saat Menyimpan Bumbu Dapur

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu diperhatikan dalam menyimpan bumbu dapur. Selain mempercantik tampilan dapur, bumbu dapur juga dapat tetap terjaga kesegarannya.

1. Simpan dalam freezer

Terdapat beberapa jenis bumbu dapur yang sebaiknya disimpan dalam freezer. Daun basil dan daun salam segar adalah salah satu bumbu dapur yang dapat disimpan dalam freezer. Sebelum menyimpannya, rendam dalam minyak zaitun, lalu masukkan dalam kantong plastik dan simpan dalam freezer. Minyak zaitun membantu menjaga kesegaran daun basil dan daun salam.

2. Simpan dalam suhu ruang untuk aneka saos

Selama kemasan belum dibuka, saos dan kecap sebaiknya disimpan dalam suhu ruang. Namun jika kemasannya sudah dibuka, simpan dalam lemari es. Jika Anda memilih saos dan kecap kemasan isi ulang, pastikan untuk menuangnya dalam botol yang bersih agar saos atau kecap lebih awet.

3. Simpan bumbu bubuk dalam wadah kedap udara

Untuk menyimpan bumbu bubuk, sebaiknya berada dalam suhu ruangan. Pastikan bumbu bubuk tersebut disimpan dalam kaleng atau wadah kedap udara. Tidak perlu menyimpan bumbu bubuk dalam lemari es, karena justru membuat bumbu bubuk menggumpal.

4. Simpan bumbu jadi dalam freezer

Bumbu yang sudah dihaluskan dan siap digunakan sebaiknya disimpan di dalam freezer. Simpan dalam kemasan kedap udara. Jika Anda ingin menyimpan dalam jumlah banyak, simpan dalam beberapa bagian, usahakan simpan dalam kemasan sekali pakai.