Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan yang Saat Ini Harganya Kian Melambung

Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan yang Saat Ini Harganya Kian Melambung

Manfaat Jahe Merah
Jahe merah. (Foto: Intisari.grid.id)

Suaramuslim.net – Penjualan jahe terus meningkat karena adanya virus corona. Banyak orang memburunya karena jahe dipercaya ampuh menangkal efek virus corona.

Jahe merupakan rimpang yang sangat populer sebagai rempah dan banyak digunakan untuk pengobatan. Jahe juga sering dijadikan bumbu masak, fungsinya untuk menambah cita rasa dan aroma yang kuat.

Pada pengobatan, jahe dipakai karena memiliki sensasi panas yang dapat menghangatkan tubuh. Manfaat lainnya adalah berfungsi sebagai zat anti bakteri, anti inflamasi, dan menawarkan banyak keuntungan lainnya.

Karena memiliki manfaat tersebut, jahe diburu banyak orang yang waspada terhadap virus corona. Di beberapa pasar penjualan jahe meningkat tajam, bahkan sampai habis.

Tumbuhan yang masih satu keluarga dengan lengkuas dan kunyit, menurut penelitian yang diterbitkan PubMed Central Journal of Ethnopharmacology, mengatakan bahwa kandungan antivirus pada jahe tersebut membantu menyembuhkan masalah kesehatan pernapasan pada manusia.

Semua jenis jahe, termasuk jahe merah, secara umum memiliki kandungan yang sama. Jahe mengandung air, serat, karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral (fosfor, kalsium, dan besi).

Berkat berbagai kandungannya, jahe merah memiliki banyak khasiat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Berikut manfaat jahe merah untuk kesehatan.

  1. Meredakan pusing

Pusing adalah satu gejala yang cukup mengganggu dan dapat mengacaukan aktivitas. Biasanya pusing merupakan tanda adanya penyakit atau kelelahan pada tubuh. Mengonsumsi air jahe ternyata dapat membantu meredakan kondisi ini.

Jahe bekerja dengan cara merangsang aliran darah ke otak, sehingga peredaran darah menjadi lancar dan perlahan membuat keadaan tubuh berangsur membaik. Gejala pusing harus ditangani dengan segera. Pusing bisa membuat seseorang kehilangan keseimbangan dan terjatuh. Selain itu, pusing pun bisa menjadi gejala penyakit serius.

  1. Meredakan mual

Aroma yang kuat dari jahe juga disebut mampu membantu meredakan rasa mual dan mencegah muntah. Apalagi jika kamu akan atau baru selesai menjalani operasi, jahe bisa membantu proses penyembuhan.

Jahe dapat membantu mengurangi rasa mual setelah operasi. Tak sekadar dengan meminumnya, kamu juga bisa mencoba mengoleskan jahe di bagian-bagian yang mudah tercium, sehingga aroma jahe akan membantu meredakan mual.

Air jahe juga disarankan untuk dikonsumsi sebelum melakukan perjalanan jauh. Jahe dapat membantu meredam mabuk kendaraan, sehingga perjalanan menjadi lebih menyenangkan.

  1. Mengurangi peradangan

Manfaat jahe merah untuk diet juga bisa membantu mencegah dan mengurangi peradangan yang disebabkan oleh nyeri sendi osteoarthritis dan rematik.

Hal ini karena sejumlah komponen aktif dalam jahe merah seperti gingerol, gingedione dan zingeron bekerja menurunkan zat alami pemicu peradangan dalam tubuh. Selain itu, jahe juga mengandung oleoresin yang bekerja melawan peradangan.

  1. Turunkan gula darah

Kegunaan jahe untuk menurunkan gula darah ditemukan peneliti tahun 2015 lalu. Konsumsi 2 gram bubuk jahe per hari mengurangi kadar gula darah sebesar 12 persen.

  1. Sebagai antibakteri

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Universitas Mulawarman, tentang pengaruh ekstrak jahe merah yang dicampurkan dalam pakan ternak ayam terhadap pertumbuhan bakteri dengan metode ekstraksi, hasilnya bahwa ekstrak jahe merah menghambat pertumbuhan bakteri (E. coli dan Salmonella sp) dalam saluran gastointestinal ayam.

Semakin tinggi konsentrasi ekstrak jahe merah dalam pakan menunjukkan semakin tinggi kemampuan dalam menghambat pertumbuhan jumlah koloni mikroorganisme enterik.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat jahe merah untuk diet ini bisa kamu dapatkan dengan meminum air jahe merah secara teratur. Jahe merah dapat membantu membakar lemak di perut dan mengurangi nafsu makan.

Meski sangat bermanfaat, tetapi perlu dicatat bahwa penderita tukak lambung akut tidak boleh terlalu banyak mengonsumsinya, karena dapat menyebabkan sensasi terbakar dalam pencernaan. Begitupun bagi kamu yang menderita heartburn, karena terlalu banyak minum air jahe merah dapat memperburuk rasa sakit.

  1. Memperkuat imun

Jahe banyak mengandung vitamin C dan magnesium. Kandungan ini membuatnya cocok digunakan untuk memperkuat imunitas tubuh. Selain kedua zat tersebut, jahe juga memiliki kandungan gingerolsshogaols, dan zingerones yang dapat berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh.

  1. Mencegah kanker

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh US National Library of Medicine Institutes of Health menyebutkan kalau jahe dapat membantu mencegah kanker. Hal ini karena jahe memiliki kandungan gingerol yang dapat mengecilkan pertumbuhan tumor pada penyakit kanker usus.

Jahe juga memiliki fungsi anti-inflamasi yang dapat melawan pertumbuhan sel kanker pada rahim. Artinya, rutin mengonsumsi air jahe juga dapat membantu mencegah perkembangan kanker rahim.

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

newsletter-suaramuslim

Suara Muslim Newsletter

Informasi Terbaru di Inbox Anda

Kabar terkini dan penawaran menarik dari Suara Muslim. Newsletter dikirim via email. Ayo berlangganan, gratis!