Ilustrasi garam. Foto: Pixabay.com

Suaramuslim.net – Sesekali, tak ada salahnya memanjakan tubuh kita. Salah satunya adalah dengan Detox Bath, yakni mandi berendam di dalam air hangat dengan campuran garam epsom serta minyak esensial.

Epsom salt atau garam epsom merupakan jenis senyawa mineral alami yang mengandung magnesium sulfat, sehingga dikenal juga sebagai magnesium sulfat. Garam yang namanya diambil dari sebuah mata air garam pahit di Epsom di Surrey Inggris, ini mengandung 99,6% mineral magnesium sulfat, sementara garam biasa mengandung mineral natrium klorida.

Magnesium adalah zat alami yang membantu berbagai fungsi tubuh, termasuk menghilangkan racun. Sulfat dapat memperkuat dinding saluran pencernaan dan membuat pelepasan racun lebih mudah.

Garam epsom biasanya tidak digunakan sebagai bumbu dapur, namun sering digunakan di dunia kedokteran, kecantikan, dan pertanian. Garam ini juga banyak dijual di apotek, supermarket, dan online shop. Nah, di bawah ini manfaat mandi detoks dengan garam epsom dikutip dari beberapa sumber.

1. Meningkatkan imun

Dengan melakukan detoks, maka racun di dalam tubuh akan dikeluarkan. Sehingga, sistem imun akan meningkat.

2. Memperbaiki kualitas tidur

Garam epsom memiliki manfaat memberikan efek rileksasi atau menenangkan. Dengan berendam air hangat dan garam epsom sebelum tidur, kamu akan mampu tidur lebih nyenyak semalaman.

3. Meningkatkan fokus dan aktivitas otak

Penelitian dari University of Marryland Medical Center, ASmenunjukkan bahwa magnesium dapat membantu meningkatkan fokus serta mengatur fungsi otak agar berjalan maksimal.

4. Menurunkan berat badan

Seorang ahli biokimia Inggris di Universitas Birmingham, Rosemary Waring, menemukan fakta bahwa sulfat dan magnesium dapat diserap oleh kulit selama mandi epsom. Kedua mineral ini dapat menghilangkan racun jahat dalam tubuh. Kedua mineral tersebut secara bersamaan juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Mandi air garam epsom dapat membuat kamu rileks dan mengurangi stres.

Studi menunjukkan bahwa kekurangan magnesium dalam tubuh dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, masalah jantung, sakit punggung, dan sakit kepala. Sementara itu, kekurangan sulfat dapat menyebabkan tubuh menjadi lemah. Kedua mineral ini sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga keseimbangan dan membuat organ lainnya berfungsi dengan benar.

Daya serap nutrisi yang tidak seimbang serta pola makan yang buruk dituding menjadi penyebab utama naiknya berat badan. Ketika racun dikeluarkan dari tubuh, Kamu akan merasa lebih berenergi dan rileks. Hal ini juga memicu kamu untuk tidak mengonsumsi banyak makanan. Metabolisme tubuh akan bekerja dengan baik sehingga akan mengarah pada penurunan berat badan. (Sumber: wanita22.com).

5. Menghaluskan kulit

Air yang mengandung garam epsom dapat melembutkan kulit yang kasar, kering, hingga dapat mengelupaskan sel kulit mati. Ini juga dapat menghaluskan kulit yang terkena kondisi kulit, termasuk eksim dan psoriasis. Tetapi jika pasien dengan kondisi kulit masih ragu, lebih baik konsultasikan dahulu pada dokter sebelum menggunakannya. Sebab bisa jadi membuat gejala lebih parah.

6. Mengurangi stres

Kadar magnesium yang sehat dapat meningkatkan neurotransmiter otak yang bertanggung jawab untuk menginduksi tidur dan mengurangi stres. Magnesium juga dapat meningkatkan produksi melatonin, hormon pemicu tidur. Beberapa penelitian juga telah menemukan bahwa orang yang menderita stres mental dan fisik mendapat manfaat ketika kadar magnesiumnya dikelola dengan baik.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.