Kentang dan sofa. Ils: Pixabay.com

Suaramuslim.net – Akhir-akhir ini kentang menjadi topik hangat di media sosial. Rupanya umbi satu ini menyimpan banyak manfaat terutama untuk perawatan wajah.

Salah satu jenis umbi-umbian yang satu ini cukup familiar bagi semua orang. Dikenal sebagai makanan pokok di beberapa negara, tentunya kentang memiliki banyak manfaat yang cukup menarik.

Selain dipercaya dapat mengatasi rasa lapar dalam jangka waktu yang cukup panjang, kentang pun dikenal dengan kandungan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Namun, tahu nggak sih, kalau kentang juga ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulitmu lho!

Kentang mengandung enzim yang disebut ‘katekolase’ yang membantu mencerahkan dan menghilangkan flek hitam. Jus kentang juga bisa digunakan untuk mengurangi tampilan lingkaran hitam. Kentang juga anti penuaan dan secara lembut dapat mengelupas kulit.

Tak heran kentang pun kerap digunakan sebagai bahan alami perawatan wajah. Untuk tahu lebih lanjut apa saja khasiat kentang untuk wajah, berikut 6 di antaranya.

1. Mengunci kelembapan kulit

Salah satu manfaat kentang adalah dapat mengunci kelembapan kulit secara optimal. Dilansir dari laman Stylecraze, kentang mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C sendiri merupakan salah satu bahan alami yang juga menjaga sel-sel kulit tetap terhidrasi.

2. Membersihkan noda jerawat

Tidak hanya menjaga kulit tetap lembap, menggunakan kentang sebagai masker wajah atau kulit ternyata membantu menghilangkan noda bekas jerawat.

Hal ini lantaran kentang mengandung bahan yang bersifat memutihkan. Tidak heran jika menggunakan masker kentang segar mampu membersihkan sel kulit mati dan memudarkan noda hitam pada wajah.

3. Menghilangkan sel kulit mati

Bagi yang memiliki kulit mati menumpuk dan tak tuntas mengelupas, kamu bisa mencampurkan kentang yang sudah diparut dengan 2 sendok makan jus lemon. Oleskan pada seluruh wajah kecuali area mata dan diamkan selama lebih kurang 30 menit.

Campuran kedua bahan ini sangat membantu dalam proses pengelupasan sel kulit mati lebih maksimal pada wajah.

4. Mencerahkan kulit wajah

Memiliki agen pemutih alami, masker kentang pun dipercaya dapat mencerahkan kulit wajah yang kusam. Manfaat masker kentang yang satu ini menjadi lebih maksimal jika dicampur dengan beberapa tetes air lemon.

5. Mengatasi mata panda

Jika kamu bermasalah dengan kantung mata yang gelap, tentu kamu juga bisa menggunakan masker kentang pada area kantung matamu lho! Cukup iris kentang secara tipis, diamkan pada area mata selama 15 menit, maka salah satu manfaat masker kentang ini dapat bekerja dengan maksimal.

6. Menenangkan kulit yang terbakar

Selain merawat kulit, masker kentang juga terbukti dapat mengatasi bagian kulit yang terbakar serta merawatnya agar tidak berbekas. Manfaat masker kentang yang satu ini dapat bekerja dengan maksimal bila dicampur dengan madu.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.