Niat Puasa Ramadhan; Lafadz Ramadhana atau Ramadhani
Ilustrasi masjid

Suaramuslim.net – Adzan sudah menjadi sesuatu yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia yang merupakan negara mayoritas penganut agama Islam. Hal ini dikarenakan adzan berkumandang di masjid-masjid sebanyak lima kali dalam sehari. Tentu ini menjadikan telinga masyarakat Indonesia menjadi terbiasa mendengar adzan meski beberapa daerah tidak terdengar suara adzan karena tidak ada muslim di tempat tersebut.

Adzan merupakan kata-kata seruan dalam agama Islam yang umumnya menggunakan bahasa Arab untuk memberitahukan bahwa akan masuknya waktu shalat, terutama shalat fardlu. Sebelum shalat dilaksanakan, muslim disunahkan untuk mengerjakan atau mengumandangkan adzan. Panggilan adzan pertama dilakukan oleh Bilal Bin Rabbah, salah satu sahabat Rasulullah.

Banyak sekali pahala yang dijanjikan oleh Allah terkait adzan, baik bagi yang melafalkannya ataupun yang mendengarkannya. Saat muadzin melafalkan adzan, yang mendengar disunahkan untuk menjawab adzan.

Panggilan adzan biasanya dibarengi dengan Iqamah, Iqamah sendiri merupakan kata-kata sebagai tanda bahwa shalat akan dimulai. Namun tidak semua shalat menggunakan panggilan selayaknya adzan maupun Iqamah. Shalat sunah tidak disunahkan menggunakan adzan dan iqamah sebagai pengingat waktu shalat, kecuali shalat sunah berjemaah seperti tarawih, shalat ied dan lainnya.

Baca Juga :  Tips Agar Hubungan Orang Tua dan Anak Tak Renggang? | Suara Muslim

Salah satu yang bisa kita amalkan ketika mendengar adzan dan iqomah ialah membaca doa setelah adzan dan iqomah.

Doa Setelah Adzan

اَللّٰهُمَّ رَبَّ هٰذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ يَآاَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Artinya :

“Ya Allah, Tuhan yang mempunyai seruan yang sempurna, dan sholat yang tetap didirikan, karuniailah nabi Muhammad tempat yang luhur, kelebihan, kemuliaan, dan derajat yang tinggi. tempatkanlah dia pada kedudukan yang terpuji seperti yang telah Engkau janjikan. Sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji. wahai dzat yang Maha Penyayang”

Doa di atas bisa diamalkan ketika selesai mendengar adzan, salah satu keutamaan membaca doa setelah adzan adalah mendapatkan syafaat dari nabi Muhammad Saw.

Doa Setelah Iqomah

اَقَامَهَااللهُ وَاَدَامَهَا مَادَامَتِ السَّمَوَاتُ وَاْلاَرْضُ

Artinya: “Semoga Allah selalu menegakkan dan mengekalkan adanya shalat selama langit dan bumi masih ada.”

Tentu sudah sepatutnya kita sebagai orang muslim mengamalkan doa sesudah adzan dan iqomah dalam keseharian kita. Dengan begitu, insyaallah hidup pun akan lebih tenang, damai, dan tentram.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.