es campur di berbagai daerah

Suaramuslim.net – Es campur, minuman yang begitu dekat dengan masyarakat Indonesia. Hampir tiap daerah di Indonesia memiliki olahan khusus es campur. Sebut saja es oyen, es campur, es selendang mayang, es teler, es podeng, es doger.

Ternyata, beberapa negara di dunia juga mengenal es campur lho. Namanya unik serta tampilannya yang tak kalah menggoda selera. Mau tau apa saja olahan es campur? Simak artikel ini!

Halo-Halo, Filiphina
-Advertisement-

Di Indonesia, kata ‘Halo’ dipakai untuk menyapa seseorang. Dalam bahasa Filiphina, kata halo-halo berarti mix atau campur. Seperti namanya, tampilan dari es campur kreasi Filiphina ini penuh warna. Salah satu ciri khas dari halo-halo adalah es krim yang terbuat dari ubi ungu. Es krim ini nantinya diletakkan di bagian tengah sebagai toping.

Tampilan es campur khas Filipina ini begitu menarik penuh dengan warna-warni dari topping es krim ungu, serta bahan pelengkap seperti buah-buahan, dan agar-agar.

Ais Khacang, Singapura

Pada dasarnya ais khacang yang banyak di jumpai di Singapura ini adalah dessert yang berasal dari negara jiran Malaysia. Bahan dasarnya terdiri dari kacang merah, kolang-kaling dan jagung. Ketiga bahan tersebut dicampurkan dengan parutan es, sirup serta susu kental manis. Sama seperti halo-halo, ais khacang juga bisa ditambahi topping es krim yang terbuat dari telo ubi ungu.

Baca Juga :  Tips Awetkan Daging Kurban Hingga Setahun

Patbingsu, Korea Selatan

Pathingsu adalah es campur legendaris asal negara Korea Selatan. Minuman ini banyak diminati, terutama pada saat musim panas tiba. Cara pembuatannya terbilang mudah. Pertama, letakkan tumpukan es salju ke dalam sebuah mangkuk. Kemudian letakkan kacang merah rebus, buah segar yang dipotong dadu, agar-agar, susu kental manis serta es krim diatas es salju tersebut. Selain rasanya manis, kita bisa menambahkan aneka topping yang bisa menambah kelezatan es campur. Seperti kacang merah, cokelat, jelly, susu, cheesecake, kue, buah-buahan hingga es krim.

Di Indonesia, tepatnya di Ibu Kota, ada beberapa restoran dan kafe yang menyajikan menu satu ini. Satunya Patbingsoo Korean Dessert House yang berlokasi di Flavor Bliss Alam Sutera. Disana Anda bisa mencicipi Chungmuro Patbingsoo yang menggunakan es serut dengan rasa matcha yang enak.

Snow Ice, Taiwan

Snow ice adalah es campur versi Taiwan. Bentuknya khas, menyerupai bunga karang. Seperti pathingsu, cara pembuatan snow ice juga cukup mudah.

Bahan dasar yang digunakan adalah es serut. Berbeda dengan es serut pada umumnya, snow ice khas Taiwan ini diserut menggunakan mesin khusus. Sehingga bentuknya berlayer atau berlapis dan teksturnya sangat lembut menyerupai salju, dan ketika dimakan akan langsung meleleh. Es serut diletakkan disebuah mangkuk kemudian ditambah campuran susu dan sirup dari berbagai rasa.

Baca Juga :  Tren Wisata Kuliner

Biasanya snow ice ini dilengkapi dengan toping berupa nata de coco, puding dan lain-lain. Snow ice bisa digunakan sebagai alternatif es krim yang memiliki rasa lebih enak dan tentunya sangat menyehatkan.

Es Air Mata Kucing, Malaysia

Nama es air mata kucing diambil dari bahan dasar dari pembuatan es ini yaitu kelengkeng. Dalam bahasa Malaysia, mata kucing adalah kelengkeng. Es yang merupakan kreasi dari negara jiran Malaysia ini memiliki rasa sangat segar ditenggorokan. Itulah mengapa es air mata kucing banyak dikonsumsi oleh warga Malaysia pada saat musim panas.

Di negeri asalnya itu, kebanyakan air mata kucing disajikan dingin serta kondisi panas dan dimodifikasi dengan campuran nata de coco dan biji selasih. Saat bulan Ramadhan, minuman ini menjadi favorit saat berbuka puasa karena rasanya yang menyegarkan.

Air mata kucing mudah ditemui di banyak tempat di Malaysia, terutama di kawasan Pecinan atau di lingkungan keturunan Tionghoa. Minuman ini bukan hanya terkenal di negara asalnya tapi juga di negara lain, seperti Singapura. Sementara di Indonesia, kita bisa menjumpai es air mata kucing di Kota Bandung, tepatnya di Metro Indah Mall.

Baca Juga :  Menu Buka Puasa Sehat

Es Campur Khas Salatiga

Es campur dari daerah ini tergolong unik. Rasa dari es campur salatiga ini pun berbeda dengan es campur di daerah-daerah lainnya di Indonesia. Bahan-bahan yang digunakan terbilang bervariasi yaitu tape singkong, cincau hitam, kelapa muda, potongan nangka, alpukat, dan sagu mutiara. Semua bahan-bahan tersebut menjadi isian es campur Salatiga. Sama seperti es campur lainnya, es campur Salatiga ini juga disirami dengan sirup, susu kental manis serta es serut.

Es pisang ijo

Sejenis es campur yang ditambahkan pisang hijau. Makanan khas masyarakat Makassar, khususnya Sulawesi Selatan ini banyak dijumpai di kota-kota lain, seperti Surabaya, Jakarta, Bandung, dan sebagainya.

Bahan utama pembuatan es pisang hujau adalah pisang raja yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau.

Kontributor: Siti Aisah
Editor: Oki Aryono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.