Ilustrasi: Pixabay.com

Suaramuslim.net – Tahukah kamu bahwa penyakit Hepatitis A ini menular? Dilansir dari alodokter.com, Hepatitis A adalah peradangan organ hati yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis A. Infeksi yang akan mengganggu kerja organ hati ini dapat menular dengan mudah, melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi virus.

Penyebab penyakit ini adalah virus Hepatitis A. Virus ini dapat menyebar dengan mudah melalui konsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi tinja penderita Hepatitis A.

Dikutip dari hellosehat.com, di antara jenis penyakit hepatitis lainnya, Hepatitis A umumnya tidak menyebabkan kerusakan liver parah atau berkembang menjadi penyakit kronis. Kebanyakan penderita dapat sembuh dalam beberapa minggu tanpa melakukan perawatan medis. Meskipun bersifat ringan, gejala atau gangguan kesehatan yang ditimbulkannya tetap dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Hampir sebagian besar penderita yang pulih dari penyakit ini akan meperoleh kekebalan, sehingga lebih kebal terhadap serangan infeksi virus HAV di kemudian hari. Dalam sedikit kasus, infeksi virus HAV juga dapat berlangsung selama berbulan-bulan dan bahkan berakibat fatal seperti menyebabkan kematian. Vaksinasi dan meningkatkan kebersihan diri dan lingkungan merupakan opsi terbaik untuk mencegah penyebaran virus Hepatitis A.

Lalu apa saja sih gejala Hepatitis A?

Gejala tidak selalu muncul pada orang yang terinfeksi virus HAV kendati infeksi juga telah berlangsung selama beberapa minggu. Masa inkubasi virus tersebut memang dapat berlangsung selama 14-28 hari. 

Pada orang yang mengalami gejala, keluhan biasanya muncul setelah 2 sampai 6 minggu terjadinya kontak dengan virus. Gejala yang ditimbulkan dapat bersifat ringan hingga parah. Tanda dan gejala yang diperlihakannya meliputi: 

  • Urin berwarna kuning gelap
  • Kelelahan
  • Tiba-tiba mual dan muntah-muntah
  • Demam ringan
  • Nyeri pada sendi
  • Nyeri pada perut
  • Kehilangan nafsu makan
  • Kulit dan selaput mata berubah menguning
  • Buang air besar yang berwarna seperti tanah liat dan pucat seperti dempul
  • Gatal-gatal

Rata-rata yang mudah terserang Hepatitis A cenderung orang dewasa, meskipun anak-anak juga mungkin terserang penyakit ini. Menurut WHO, anak-anak berumur 6 tahun umumnya tidak mengalami gejala-gejala yang kentara dan hanya 10% saja yang mengalami penyakit kuning.

Sebaliknya pada anak-anak yang berumur lebih tua dan orang dewasa, infeksi justru terkadang menyebabkan gejala yang lebih parah dan 70% di antaranya mengalami penyakit kuning. Hepatitis A bisa kambuh setelah penderita pulih dengan gejala-gejala yang bersifat ringan (akut). 

Penularan Hepatitis A

Penyakit ini bisa ditularkan melalui interaksi secara lansung dengan penderita seperti melakukan hubungan seksual, menggunakan alat suntik yang sama dengan penderita. Tak hanya itu, penularan Hepatitis A juga bisa menular melalui makanan dan minuman yang mengandung virus.

Pencegahan Hepatitis A dapat dicegah dengan beberapa cara seperti melakukan vaksinasi Hepatitis A, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, dan menghindari konsumsi makanan mentah atau setengah matang.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.