Menjadi Lebih Fleksibel, Karena Hidup Harus Bersosialisasi

Suaramuslim.net – Kita dapat mengambil pelajaran bahkan dari tubuh kita sendiri. Allah SWT menciptakan tulang kita yang keras sebagai penyangga dan pembentuk badan serta pelindung organ-organ penting. Tetapi kekerasan tersebut kemudian dibalut oleh sesuatu yang lunak, lembut, dan lentur, sebagai bagian terluar yang berhubungan dengan dunia luar, yakni kulit.

Dari hal tersebut, prinsip hidup dan keimanan haruslah putih dan kuat seperti layaknya tulang yang putih dan kuat. Namun, ketika berhadapan dengan pihak lain, maka keluwesan haruslah diutamakan seperti elastisnya kulit kita.

Di sisi lain, Allah SWT juga telah menciptakan tubuh kita dalam kondisi tidak ada bagian tubuh yang runcing atau bersudut yang dapat melukai pihak lain.

Dengan demikian, Allah SWT memberikan contoh kepada kita bahwa saat berhubungan dengan orang/pihak lain, harus ditonjolkan adab keluwesan dan tidak berusaha menyakiti/menzalimi orang lain. Keluwesan merupakan alat yang terkuat untuk mengalahkan kekuatan. Ia lebih dapat digunakan untuk memenangkan hati, dibanding kekerasan yang bahkan akan menimbulkan luka di hati.

Baca Juga :  Melipatgandakan Kasih Sayang dalam Keluarga

Feelings of worth can flourish only in an atmosphere where individual differences are appreciated, mistakes are tolerated, communication is open, and rules are flexible – the kind of atmosphere that is found in a nurturing family.” (Virginia Satir)

Hal tersebut menunjukkan arti bahwa perasaan menjadi seseorang yang berarti dapat tumbuh di suasana yang menghargai perbedaan, menoleransi kesalahan, dan komunikasi yang terbuka, serta aturan main yang fleksibel. Bukan atmosfer yang saling mencederai pihak lain.

Semoga hidup lebih indah tanpa kekerasan, karena ‘There never was a good war or a bad peace’ (Benjamin Franklin).

Penulis: Dr Gancar C. Premananto*

*Koordinator Program Studi Magister Manajemen FEB Universitas Airlangga Surabaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.