Menlu RI Bertemu Raja Yordania Bahas Isu Palestina

47
Kunjungan Kehormatan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi kepada Raja Yordania, Raja Abdulah II Bin Al-Hussein, di Istana Al-Husseiniyah (sumber: kemlu.go.id)

AMMAN, YORDANIA (suaramuslim.net) – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi melakukan kunjungan kehormatan kepada Raja Yordania, Raja Abdulah II Bin Al-Hussein, di Istana Al-Husseiniyah, Amman pada Rabu (4/10).

Diantara pembahasan dalam pertemuan tersebut yang dikutip dari rilis di website resmi Kementerian Luar Negeri RI adalah prioritas memperjuangkan kemerdekaan rakyat Palestina.

Raja Yordania menyampaikan bahwa isu Palestina semakin kurang mendapat perhatian masyarakat internasional, sehingga membutuhkan upaya bersama untuk menempatkannya kembali di agenda masyarakat internasional. Menlu Retno Marsudi juga menyampaikan komitmen Indonesia dalam memperjuangkan Palestina.

Retno Marsudi mengatakan guna memperjuangkan kemerdekaan Palestina diperlukan persatuan dan kerjasama negara-negara Islam.

“Berbagai tantangan yang dihadapi umat Islam saat ini memerlukan negara-negara Islam untuk bersatu dan bekerja sama dalam mengatasinya, kenyataan saat ini justru yang terjadi adalah konflik diantara negara Islam” ujar Retno.

Selain membahas isu Palestina, kunjungan kehormatan Menlu RI kepada Raja Yordania juga membahas tantangan dari terorisme dan radikalisme yang menjadi tantangan baik Indonesia maupun Yordania. Lebih lanjut,  Raja Abdullah II menyampaikan kesiapan Yordania untuk melakukan kerja sama khususnya terkait tukar informasi dan intelijen, program de-redikalisasi dan peningkatan kapasitas aparat penegak hukum.

 

Penulis : Ahmad Jilul Qur’ani Farid

Editor : Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here