Rekomendasi Kuteks Halal Bagi Muslimah
Kuteks (Foto: Pinterest)

Suaramuslim.net – Mewarnai kuku sepertinya menjadi aktivitas yang digemari kaum hawa dari zaman Nabi hingga modern seperti saat ini. Di beberapa negara seperti Timur Tengah atau negara India punya ritual hena, yaitu tradisi khusus mewarnai tangan calon pengantin perempuan sebelum memasuki hari pernikahan. Begitu halnya dengan pengantin di Indonesia yang juga menghiasi tangan dengan pacar hena pada momen pernikahan.

Bahan pembuatan pewarna kuku bisa dibuat menggunakan bahan alami, yaitu dari daun pacar yang dikeringkan, lalu ditumbuk halus dan dioleskan ke kuku tangan. Pewarna kuku jenis ini sudah pasti aman dan halal digunakan oleh muslimah. Namun ada juga lho pewarna kuku berbahan kimia yang tidak bisa dipakai oleh muslimah, karena kandungan zatnya menghalangi masuknya air wudhu ke lapisan kulit dalam. Pewarna kuku ini biasa kita sebut dengan istilah kutek.

Kabar baiknya, belakangan banyak bermunculan produk cat kuku yang aman digunakan muslimah untuk salat. Beberapa brand kosmetik lokal ikut serta memproduksi kutek halal bagi muslimah. Dirangkum dari beberapa sumber, berikut rekomendasi kutek halal yang bisa dipakai oleh muslimah:

Inglot O2M Breathable Nail Enamel

Inglot O2M (Foto: langmorepodiatry.com.au)

Inglot O2M (Foto: langmorepodiatry.com.au)

Nama brand asal Polandia ini cukup dikenal, khususnya di kalangan muslimah Indonesia. Beberapa channel Youtube, laman berita, dan beauty blogger juga melakukan review, sehingga produknya sempat menjadi trending. Sebelumnya dikabarkan bahwa seorang muslim, Shaykh Mustafa Umar, Director of education & outreach di Islamic Institute of Orange County di California, melakukan penelitian terhadap produk Inglot O2M. Peneliti mengoleskan cat kuku pada kertas penyaring kopi. Setelah cat kuku kering, lalu dia meneteskan air di atasnya. Hasilnya air menyerap ke bawah kertas. Sehingga Umar memberikan label halal pada Inglot O2M.

Baca Juga :  Implementasi UU Jaminan Produk Halal Dinilai Berjalan Lambat

Menariknya, Inglot menawarkan beragam warna pilihan sekitar 27 jenis, mulai dari nude, pink, merah, hingga biru dan warna metalik lainnya. Formulanya terbuat dari polimer berteknologi khusus, sehingga membuat kuteks mampu menembus air, dengan syarat sedikit digosok-gosokkan ketika mengambil air wudhu. Untuk harga yang beredar di pasaran diatas 250 ribu rupiah.

Kutek itu bernama Inglot O2M Breathable Nail Enamel. Diproduksi di negara Polandia, pemiliknya juga seorang yang religius bernama Wojciech Inglot. Setelah dilakukan penelitian, hal tersebut semakin menjawab kegelisahan para muslimah.

Zoya Nail Polish

Zoya nail polish (Foto: lovelula.com)
Zoya nail polish (Foto: lovelula.com)

Zoya merupakan salah satu brand lokal yang memproduksi produk kecantikan, dan fashion item khusus muslimah. Kutek keluaran Zoya diklaim bebas toksin, sehingga tidak akan merusak pigmen kuku. Pihak Zoya juga menjamin produk cat kukunya itu tidak akan menimbulkan efek kering dan rapuh. Produk Zoya Nail Polish dijual dengan kisaran harga 140 ribu rupiah.

Orly

Orly nail polish (Foto: Hessionhairdressing)
Orly nail polish (Foto: Hessionhairdressing)

Cat kuku merek Orly berhasil lolos dari uji standar menggunakan teknologi terkini yang memungkinkan oksigen dan air meresap ke dalam kulit, jadi produknya aman dipakai untuk salat. Orly berkolaborasi dengan MuslimGirl.com sudah meluncurkan 6 pilihan warna untuk kuteks yang diberi label “Halal Paint”. Bahan-bahannya 100% dinyatakan halal dan telah menerima sertifikasi dari Islamic Society of the Washington Area.

Uniknya, pilihan warna kuteks Orly ini punya nama unik yang diambil dari permainan kata, seperti Haram-Bae, Wallah Bro Wipe Out, What the Fatima?, Ig-Noor Athe Haters, dan The Perfect Amani-cure. Untuk harga memang terbilang cukup mahal, yaitu hampir mencapai 700 ribu rupiah. Pembeli nantinya akan mendapat 6 kuteks sekaligus, mulai dari yang bening yang fungsinya sebagai base dan top coat, serta lima pilihan warna lainnya seperti nude, marun, dan metalik.

Baca Juga :  Bukan Mistis, Ini Khasiat Daun Kelor untuk Kecantikan dan Kesehatan

Tuesday In Love

Tuesday in Love nail polish (Foto: thetempest.co)
Tuesday in Love nail polish (Foto: thetempest.co)

Kutek halal ini berasal dari Kanada. Komposisinya terbuat dari bahan alami menggunakan teknologi micro-pore dan formula water-permeable, sehingga mudah ditembus oleh molekul-molekul air. Sayangnya pilihan warna kutek Tuesday In Love terbatas, karena dia hanya menyediakan warna-warna pastel yang soft. Kuteks Tuesday In Love dijual dengan harga sekitar 150 ribu.

Love Your Nails

Love Your Nails (Foto: elryan.com)
Love Your Nails (Foto: elryan.com)

Kutek merek ini sudah lama beredar di pasar Timur Tengah, Uni Emirat Arab, dan India. Produknya terbuat dari formula khusus (cholor complex) berbahan dasar air dan teksturnya berpori, sehingga mudah ditembus oleh air. Sama halnya dengan Inglot O2M, kuteks merek Love Your Nails punya banyak variasi warna, yaitu sekitar 28 shades. Untuk harga, Love Your Nails lebih murah dibandingkan dengan kutek Inglot O2M, yaitu sekitar 180 ribu.

H By BCI Halal Factory

H by BCI halal factory (Foto: hijabkeren.com)

H by BCI halal factory (Foto: hijabkeren.com)

Produk kecantikan ini telah mendapat persetujuan dari Perkumpulan Islam Al Iman dan beredar sejak tahun 2014. Kebanyakan salon kecantikan di negara Timur Tengah menggunakan kuteks H by BCI halal factory. Sama halnya dengan merek Tuesday In Love, kuteks H by BCI halal factory tidak menyediakan banyak pilihan warna. Mereka hanya punya lima warna dasar, diantaranya biru, gold, nude, merah, dan putih. Harga kuteks H by BCI halal factory dibanderol diatas sekitar 214 ribu rupiah.

Baca Juga :  Indonesian Halal Watch: Industri Halal di Indonesia Jalan di Tempat

Lima produk pewarna kuku di atas pada dasarnya sudah mendapatkan sertifikat halal dari lembaga setempat, sehingga aman dipakai muslimah meski saat salat. Hanya saja, mungkin ada sebagian orang yang tidak sependapat alias meragukan keabsahannya. Jadi mereka hanya memakai kutek saat berhalangan salat. Untuk mendapatkan lima merek kutek halal di atas cukuplah mudah. Karena semua produk tersebut sudah bisa dibeli melalui toko online.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here