Alat timbang badan. Foto: Pixabay.com

Suaramuslim.net – Kebanyakan orang merasa terlalu gemuk sehingga ingin menurunkan berat badan. Tetapi, sebagian orang lain merasa sangat sulit menaikkan berat badan agar mencapai tubuh yang ideal. Mengonsumsi sejumlah makanan adalah solusi agar berat badan kamu naik. Lantas, apa saja makanan penambah berat badan yang patut untuk dikonsumsi?

Untuk menambah berat badan, kamu diharuskan untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kalori, protein, karbohidrat, dan juga lemak. Berikut ini daftar makanan penambah berat badan yang perlu kamu ketahui.

1. Daging merah

Foto: Pixabay.com

Konsumsi junk food bukan hal yang tepat untuk meningkatkan berat badan. Daripada mengonsumsi junk food, lebih baik makanlah makanan yang kaya akan nutrisi seperti daging merah. Daging yang dimaksud ini bisa berupa daging sapi ataupun kambing.

2. Keju

Foto: Pixabay.com

Berbagai olahan keju dapat kamu santap demi menaikkan berat badanmu. Olahan keju seperti martabak keju mozzarella, cake dengan topping keju maupun telur goreng yang ditambah keju bisa menambah kalori tubuhmu.

3. Mangga

Foto: Pixabay.com

Ingin cepat gemuk? Maka buah mangga sudah selayaknya masuk ke dalam menu sehatmu. Mangga menjadi salah satu makanan penambah berat badan karena buah yang dagingnya berwarna kuning ini mengandung sejumlah zat yang berguna untuk menambah massa tubuh. Setiap 100 gr mangga mengandung 70 kalori dan 16,5 gr karbohidrat.

Tak hanya itu, kandungan gula yang cukup banyak pada mangga juga menjadi salah satu alasan mengapa buah ini cocok untuk dikonsumsi kamu yang ingin menaikkan berat badan.

4. Pisang

Foto: Pixabay.com

Buah berkulit kuning ini diklaim efektif dalam menaikkan berat badan apabila dikonsumsi secara rutin. Pisang mengandung 97 kalori untuk setiap 100 gram-nya. Selain kalori, pisang juga mengandung zat lainnya seperti fosfor yang berguna untuk memperkuat otot, juga kalium untuk mengontrol tekanan darah.

5. Telur

Foto: Pixabay.com

Makanan untuk menambah berat badan yang ke-5 adalah telur. Protein merupakan zat yang penting untuk pertumbuhan tubuh, dan telur merupakan sumber protein yang paling tinggi. Para binaragawan sering mengonsumsi telur (biasanya mentah) untuk membentuk tubuh dan otot. Begitu pula orang kurus yang ingin tubuhnya jadi berisi, silakan konsumi telur.

6. Kentang

Foto: Pixabay.com

Kentang mengandung protein yang tinggi. Selain itu, kandungan serat dan vitamin C dalam kentang juga melimpah. Kandungan kalorinya yang banyak dapat membuat perut menjadi cepat kenyang. Kalau ingin cepat-cepat menaikkan berat badan, kamu bisa mengolah kentangmenjadi perkedel ataupun kentang goreng. Kalorinya lebih besar jika dibandingkan kentang rebus.

7. Susu full cream

Foto: Pixabay.com

Meningkatkan asupan kalori tubuh dapat dilakukan dengan mengonsumsi susu full cream setiap harinya. Kamu bisa mengonsumsinya di pagi maupun malam hari. Dengan begitu, kalori dalam tubuhmu akan bertambah dan bisa bikin berat badanmu naik.

8. Nasi putih

Foto: Pixabay.com

Nasi putih adalah makanan wajib bagi kita masyarakat Indonesia. Namun, untuk kamu yang tengah berjuang menaikkan berat badan, kiranya perlu menambah lagi porsi nasi putih setiap kali makan. Nasi putih adalah sumber karbohidrat terbaik yang bisa kamu dapatkan. Satu sendok nasi mengandung tak kurang dari 175 kalori dan 40 gr karbohidrat.

9. Atur jadwal makan

Foto: Pixabay.com
  • Pukul 07:00 – 08:00, sarapan dengan segelas susu, bisa ditamnbah dengan makan roti isi mentega atau keju
  • Pukul 10:00 – 11:00, tambah lagi segelas susu
  • Pukul 12:00 – 13:00, saatnya makan siang. Pilihlah menu makan siang yang terdiri dari nasi putih, sayuran, daging (bisa daging sapi atau daging ayam), dan telur. Tambahkan menu jus buah seperti jus mangga atau alpukat
  • Pukul 16: 00 – 17:00, makan camilan seperti roti, salad, dan secangkir teh
  • Pukul 19:30 – 20:00, waktu makan malam. Sama seperti makan siang, isilah perut dengan makanan-makanan berat yang terdiri dari nasi dan lauk-pauk sarat karbohidrat dan protein
  • Pukul 21:00 – 22:00, sebelum tidur, minum lagi segelas susu full cream

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.